Sukses

Dari Karawang, All New Kijang Innova Siap Mendunia

Generasi keenam keluarga Kijang ini tidak hanya untuk melayani permintaan domestik tetapi juga luar negeri.

Liputan6.com, Jakarta - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) hari ini meresmikan produksi all new Kijang Innova di fasilitas perakitan Plant I Karawang, Jawa Barat. Generasi keenam keluarga Kijang ini tidak hanya untuk melayani permintaan domestik tetapi juga luar negeri.

Peresmian produksi all new Kijang Innova turut dihadiri Menteri Perindustrian Republik Indonesia Saleh Husein, perwakilan Gubernur Jawa Barat serta top management Toyota Motor Corp.



"Hari ini Toyota Indonesia mempersembahkan hadiah istimewa, produksi pertama di seluruh dunia dari all new Kijang Innova," ujar Presiden Direktur TMMIN Masahiro Nonami dalam sambutannya, Selasa (24/11/2015).

Ia menambahkan, Sejak dilahirkan pada 1977, Kijang mencatat sejarah sebagai model pertama yang diproduksi di Indonesia.

"Kehadirannya menjadi pionir yang membentuk otomotif Indonesia. Sekarang sudah lebih dari 30 tahun dan `the legend reborn` dalam bentuk generasi keenam. Kami yakin model ini akan melanjutkan kisah suksesnya sebagai duta industri di seluruh dunia," tambahnya.

Sebagai informasi, hampir seluruh komponen Innova diproduksi di dalam negeri. Sementara transmisi masih disuplai dari Filipina.

Pabrik Karawang 1 yang mulai beroperasi pada 1998 dan dialokasikan untuk memproduksi Kijang Innova dan Fortuner dengan kapasitas tahunan 130 ribu unit.

Selain diproduksi untuk pasar lokal, Kijang Innova besutan Karawang juga melanglang buana ke sejumlah negara, yakni Thailand, Brunei Darussalam, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Oman, Kuwait, Bahrain, Qatar, Afrika Selatan, Amerika Latin, dan Karibia.

(ian/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini