Sukses

Spesifikasi Lengkap Calon Bus Transjakarta

Perintah Provinsi DKI Jakarta membuka tender pengadaan bus Transjakarta sejak beberapa bulan yang lalu.

Liputan6.com, Purwakarta - Perintah Provinsi DKI Jakarta membuka tender pengadaan bus Transjakarta sejak beberapa bulan yang lalu. Beberapa pabrikan pun turut serta dalam tender itu. Salah satunya adalah Hino dengan bus barunya.

Bus baru yang ikut tender tersebut telah diperkenalkan di pabrik mereka di kawasan Purwakarta, Jawa Barat. Bus ini diresmikan langsung oleh I Gusti Putu Suryawirawan, Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian.

Hino sebelumnya pernah menjadi pabrikan yang memasok bus Transjakarta pada 2007 lalu. Pada tahun itu, bus dengan bahan bakar gas (CNG) ini dilengkapi dengan mesin berkapasitas 7.961 cc yang keluarkan tenaga 260 Ps.

Saat itu, ada 74 unit bus yang dijadikan Transjakarta dan hingga saat ini seluruh unitnya masih beroperasi. Bus tersebut menjadikan Hino pabrikan dalam negeri satu-satunya yang memproduksi bis berbahan bakar Compressed Natural Gas (CNG).

Meski begitu, sejak 2007 sampai bus baru dibuat, Hino menghentikan produksi bus CNG. Sebab, tidak ada lagi pembelian yang dilakukan Pemprov. Jadi, dapat dikatakan bahwa bus anyar ini adalah kelahiran kembali bus yang pernah dibuat beberapa tahun lalu. Tentu, dengan beberapa perubahan.

berikut spesifikasi bus CNG terbaru Hino:

Model: RK CNG
Mesin: J08C - VC
Silinder: 6, kapasitas 7.961 cc
Kecepatan maksimal: 118 km/jam
Tenaga maksimal: 260 Ps/2.500 rpm
Torsi maksimal: 76 kgm/1.500 rpm
Transmisi: otomatis 6 percepatan
Kapasitas tangki: 720 liter
Jarak sumbu roda: 6.000 mm
Panjang total: 11.455 mm
Lebar total: 2.445 mm
Tinggi total: (perkiraan) 1.845 mm
Suspensi: rigid axle dengan semi eliptical leaf spring
Berat total: 6.525 kg.

(rio/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.