Sukses

Ini Pasar Mobil Listrik Terbesar di Dunia

Tiongkok diperkirakan akan menjadi pasar mobil listrik terbesar di dunia tahun ini.

Liputan6.com, Beijing - Tiongkok diperkirakan akan menjadi pasar mobil listrik terbesar di dunia tahun ini. Sampai sekarang, menurut data China Association of Automobile Manufacturers, penjualan mobil listrik disana diperkirakan mencapai angka 220 ribu hingga 250 ribu unit.

Melansir Reuters, Senin (7/12/2015), jumlah ini lebih besar dibanding Amerika Serikat (AS). Diperkirakan, di Negeri Paman Sam itu mobil listrik `hanya` terjual sebanyak 180 ribu unit. Dengan waktu kurang dari satu bulan, sangat sulit bagi AS untuk menyaingi perolehan Tiongkok itu.

Industri mobil listrik di Tiongkok memang berkembang pesar. Meski demikian, Xu Yanhua, deputy secretary-general China Association mengatakan bahwa masih banyak pekerjaan rumah pabrikan lokal. Menurutnya, kualitas mobil listrik juga harus ditingkatkan, bukan semata kuantitas.

Dalam 10 bulan pertama, penjualan mobil listrik naik hingga 290 persen dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya. Menurut asosiasi, hal ini disebabkan karena dukungan kebijakan pemerintah, termasuk subsidi dan pemotongan pajak.

Meski demikian, menurut laman Green Car Reports, tidak semua mobil listrik yang dimaksud adalah mobil penumpang. Hingga Juli lalu, dari 78 ribu mobil yang telah diproduksi, hanya ada 10 ribuan saja yang berteknologi motor listrik murni.

Data produksi di Tiongkok juga memasukkan kendaraa listrik sederhana yang biasa digunakan di kompleks perumahan dengan kecepatan rendah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Mobil Listrik