Sukses

Mungkinkah Central Door Lock Dibobol Pencuri?

Liputan6.com, Jakarta - Modus pencurian mobil atau barang-barang yang ada di dalamnya semakin beragam. Baru-baru ini, pencuri berhasil mengakali central door lock system Kijang Innova untuk mencuri tas.

Padahal, menurut penuturannya melalui status Facebook, mobil dalam keadaan terkunci dengan central lock. Artinya, seharusnya kendaraan tidak bisa dibuka dari luar, dan hanya bisa dibuka dengan kunci sendiri.

Lantas, apakah ada kemungkinkan central door lock bisa dibobol? Untuk menjawab pertanyaan ini, Liputan6.com menghubungi Dadi Hendriadi, Division Head, Technical Service Division PT Toyota-Astra Motor (TAM).

Menurutnya, kejadian ini tergantung merek dan modelnya. Meski demikian, secara teoritis memang hal itu dimungkinkan. "Bisa saja, ada kemungkinan maling bisa tahu celah-celah di mekanisme penguncian pintu," ujar Dadi, saat dihubungi Liputan6.com.

Dadi menambahkan, central door lock pada prinsipnya adalah mengunci semua pintu baik pakai remote atau tidak. "Tapi sebenarnya kan sama saja dengan kunci pintu konvensional, tapi ditambahkan motor," tutur dia.

Menurut beberapa sumber lainnya, central lock memang sebetulnya bisa saja rusak. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya door lock yang berkarat karena tidak diberi pelumas, serta dinamo motor yang sudah lemah.

Karena kemungkinan-kemungkinan tersebut, Dadi menyarankan agar pemilik mobil lebih berhati-hati lagi. Ia punya beberapa saran agar hal ini tidak terulang ke orang lain.

"Jadi yang penting bagaimana kita menyiapkan mobil kita dengan alarm dan pengaman yang baik, perhatikan tempat parkir yang aman, dan jangan menaruh barang yang berharga di dalam mobil," kata Dadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini