Sukses

Pejabat Malaysia Usulkan Pengguna Jalan yang Taat Diberi Hadiah

Departemen Perhubungan Malaysia mengusulkan agar adanya insentif atau penghargaan kepada pengguna jalan yang taat hukum.

Liputan6.com, Selangor - Departemen Perhubungan Malaysia mengusulkan regulasi yang cukup progresif. Mereka mengusulkan agar adanya insentif atau penghargaan kepada pengguna jalan yang taat hukum.

Ini berbeda dengan aturan-aturan yang selama ini ada, dimana regulasi selalu berkaitan dengan hukuman bagi mereka yang melanggar. Tetapi di sisi lain tidak memberikan apapun kepada mereka yang taat.

"Hal ini untuk mengenali pengemudi yang baik dan orang-orang yang taat hukum daripada hanya menghukum pelaku," ujar Sang menteri, Datuk Seri Liow Tiong Lai, dikutip dari The Star, Jumat (19/2/2016).

Menurutnya, salah satu insentif yang bisa diberikan pada warga yang taat hukum dapat berupa peningkatan status keanggotaan asuransi menjadi premium.

Liow menambahkan, tidak ada jalan keluar yang mudah untuk menyelesaikan persoalan kelalu lintasan selain seseorang menjadi sopan di jalanan. "Kita perlu memiliki kedisiplinan dan perlu mematuhi peraturan," ujarnya.

Jika usulan ini diterapkan, Liow memprediksi angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas bisa berkurang 10 persen tahun ini. Untuk diketahui, jumlah kecelakaan di Malaysia mencapai angka 6.706 jiwa tahun lalu.

Liow mengatakan bahwa proposal kebijakan ini adalah usulan masyarakat. Karena itu pula, ia meminta masyarakat untuk memberikan umpan balik melalui kanal informasi yang telah dibuka pemerintah hingga 17 Maret mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini