Sukses

Mobil yang Nyaman Picu Kreativitas

Satu dari lima CEO perusahaan global `menelurkan` ide terbaik mereka di dalam mobil.

Liputan6.com, London - Sebuah studi baru yang dilakukan oleh psikolog Sir Cary Cooper dan Institute of Directors menemukan bahwa satu dari lima CEO perusahaan global `menelurkan` ide terbaik mereka di dalam mobil.

Melansir laman Jaguar Land Rover, Senin (14/3/2016), riset dilakukan kepada lebih dari 900 CEO di seluruh dunia. Mobil sebagai tempat berpikir hanya kalah dibanding rumah yang dipilih hampir setengah responden (48 persen).

Hampir satu dari sepuluh eksekutif menghabiskan lebih dari 25 persen waktu kerjanya di dalam mobil. Selain berpikir, kegiatan lain yang biasanya mereka lakukan adalah mengurus email dan mengerjakan tugas yang mendesak.

Menurut tim peneliti, semua kegiatan ini, terutama proses berpikir kreatif, dapat ditopang jika interior kendaraan memadai. Syarat minimalnya adalah tempat duduk yang nyaman, cayaha alami, serta tingkat kesenyapan yang baik.

"Temuan studi ini menunjukkan bahwa mobil memberikan kesempatan psikologis dan fisik untuk kreativitas," ujar Cary Cooper. "Pikiran kreatif sering datang saat kita tidak mengharapkan mereka," tambahnya.

Cooper menambahkan, saat ini pekerja memang perlu menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat bekerja barunya. Ia mengatakan, kerja tak harus di kantor, tapi juga di tempat-tempat yang memungkinkan untuk itu.

Baik perusahaan atau pekerja, ujar Cooper, harus bisa melakukan apapun yang bisa dilakukan untuk menyediakan atau menemukan lingkungan yang baik. "Kerja fleksibel ini juga harus sesuai dengan masa kerja pekerja," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.