Sukses

Daihatsu Bantah Manipulasi Uji Efisiensi Bahan Bakar

Daihatsu percaya bahwa perusahaannya tidak melakukan penipuan efisiensi bahan bakar sebagaimana yang dilakukan rivalnya, Mitsubishi.

Liputan6.com, Tokyo - Seorang eksekutif senior Daihatsu Motor percaya bahwa perusahaannya tidak melakukan manipulasi hasil konsumsi bahan bakar sebagaimana yang dilakukan rivalnya, Mitsubishi Motors.

"Tidak," ujar Noriyoshi Matsushita, Senior Managing Executive Officer Daihatsu saat ditanya apakah mungkin perusahaannya terlibat kasus yang sama, dikutip dari Reuters, Kamis (28/4/2016).

Menurutnya, sejauh ini perusahaannya tak pernah berbuat curang dan selalu mengikuti aturan yang berlaku. "Tentu saja kami mematuhi aturan," tambahnya.

Pertanyaan ini dikemukakan karena di Jepang, Daihatsu fokus pada produksi mobil mini berkapasitas 660 cc. Sementara dalam kasus Mitsubishi, mereka mengaku memanipulasi mobil mini seperti eK Wagon dan eK Space, serta dua model yang diproduksi untuk Nissan Motors, yakni Dayz dan Dayz Roox.

Untuk diketahui, di segmen mobil ini, Daihatsu bersaing ketat dengan Suzuki yang sama-sama menguasai pangsa pasar sebesar 30 persen.

Selain membuat mobil mini, di Jepang Daihatsu juga memasok body dan mesin untuk Toyota. Daihatsu juga tak lama lagi akan menjadi anak perusahaan Toyota setelah mayoritas sahamnya dibeli beberapa waktu yang lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini