Sukses

Ford Kena Denda Karena Jual Mobil Tanpa Sertifikat

Kejaksaan Mexico dalam bidang lingkungan, Profepa, memastikan bahwa mereka akan menghukum Ford dengan denda lebih dari 18 juta peso.

Liputan6.com, Mexico City - Kejaksaan Mexico dalam bidang lingkungan, Profepa, memastikan bahwa mereka akan menghukum Ford dengan denda lebih dari 18 juta peso. Hal ini disebabkan karena kendaraan yang dijualnya tak sesuai regulasi.

Dilaporkan Reuters, Profepa mengatakan bahwa kendaraan yang dijual Ford di Mexico tak dilengkapi dengan sertifikat lingkungan. Sertifikat ini berisi pernyataan bahwa mobil yang dijual telah sesuai dengan standar emisi dan kebisingan.

Total, ada 4.690 unit kendaraan yang tak dilengkapi sertifikat lingkungan. Tidak dijelaskan model apa saja yang dimaksud.

Menanggapi isu ini, Ford Mexico tak tinggal diam. Juru bicara mereka menyatakan bahwa kendaraan-kendaraan itu sebetulnya memenuhi standar emisi dan kebisingan dari otoritas terkait. Hanya saja, sertifikat tidak keluar sesuai jadwal.

"Ini karena (kami) tidak memperoleh sertifikat tepat waktu," ujar Ford. Mereka juga akan mengevaluasi prosedur permintaan sertifikat agar kejadian serupa tak terulang di kemudian hari.

Untuk diketahui, Ford rencananya akan mengintensifkan investasi mereka di Meksiko dengan mendirikan pabrik. Pabrik tersebut rencananya akan memproduksi sekitar 350.000 mobil per tahun dengan total investasi sebanyak US$ 1,5 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.