Sukses

Begini Caranya agar Motor Bekas Cepat Terjual

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan agar motor bekas mudah laku.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini, pabrikan sepeda motor semakin gencar meluncurkan produk baru. Target mereka tentu bukan hanya yang belum memiliki motor, tapi juga yang sudah punya.

Bagi yang memiliki uang berlebih, ini mungkin tak jadi soal. Mereka akan langsung membeli motor baru, sementara yang lama dibiarkan. Tapi tidak demikian bagi yang memiliki dana terbatas. Di sinilah momen jual motor biasanya terjadi.

Saat ini, di tengah semakin maraknya situs jual beli online, menjual motor tentu lebih mudah. Tinggal sediakan smartphone atau laptop yang terkoneksi ke internet, maka motor pun sudah siap dijual.

Masalahnya, karena sangat mudah itulah persaingan justru semakin ketat. Nah, apa saja yang bisa dilakukan agar motor punya potensi terjual lebih cepat? Diolah dari laman motorcycle.com, Selasa (12/7/2016), berikut ulasannya:

Sebagai catatan, cara-cara ini juga bisa dilakukan saat menjual motor secara konvensional, dalam arti tidak menggunakan platform online.

Pilih foto terbaik

Tips ini terutama bagi Anda yang ingin menjual motor secara online. Bayangkan, ada berpuluh-puluh motor yang modelnya sama dengan Anda, dan dijual di situs yang sama. Agar dipilih, tentu Anda harus maksimalkan foto motor.

Dalam hal ini, beberapa hal yang dapat dilakukan adalah memilih latar pemandangan alam, atau latar putih bersih. Lakukan pula pengambilan gambar dari sudut yang berbeda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Next

Pilih situs terbaik

Tips ini juga berlaku bagi yang mau jual motor lewat situs online. Ada baiknya Anda tidak menjual motor di semua situs yang ada, tapi pilih salah satu yang paling banyak dikunjungi. Popularitas situs bisa diketahui lewat Alexa.

Bersihkan motor

Penampilan memang bukan segalanya, tapi sangat penting karena menentukan impresi awal pembeli. Maka dari itu, tips pertama adalah bersihkan motor semaksimal mungkin. Jangan lupa untuk melapisinya dengan cairan pengkilap.

Servis seperlunya

Agar harga jualnya tinggi, pastikan motor dalam kondisi baik. Tidak ada salahnya untuk melakukan servis. Tak perlu servis besar sampai membongkar mesin, cukup cek dan perbaiki komponen dasar seperti rantai, rem, dan oli.

Lampirkan bukti servis

Harga motor tidak akan jatuh jika diservis berkala. Untuk itu, usahakan melampirkan bukti servis saat menjual mobil. Calon pembeli dijamin akan lebih memilih motor yang punya catatan servis yang jelas dibanding yang tidak.

Pasangkan kembali aksesori bawaan

Bagian ini serupa dengan catatan servis. Sebagus apapun produk aftermarket yang Anda gunakan, akan lebih baik jika motor yang hendak dijual 100 persen bawaan pabrik. Dengan demikian, harga motor juga akan relatif lebih baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.