Sukses

Ford Mustang Lakoni Tes Tabrak, Seberapa Aman Buat Penumpang?

Berikut adalah hasil tes tabrak dari tiga muscle car terpopuler di AS.

Liputan6.com, California - Muscle car identik dengan mobil yang cepat, berkarakter, dan buas. Selalu berlari dalam kecepatan tinggi adalah salah satu ciri khas mereka saat ada di jalanan. Tapi, apakah mobil ini cukup aman jika kecelakaan terjadi?

Untuk mengetahuinya, Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) Amerika Serikat (AS) melakukan tes tabrak pada tiga muscle car terpopuler dan terlaris, Chevrolet Camaro, Ford Mustang, dan Dodge Challenger.

Hasilnya, berdasarkan laman resmi IIHS, Ford Mustang ada di posisi pertama, sementara Chevrolet Camaro bertengger di posisi dua, dan Dodge Challenger di posisi paling buncit, meski punya sistem pencegah kecelakaan dasar.  

Hasil ini didasarkan pada enam parameter yang digunakan. Keenamnya adalah small overlap front, moderate overlap front, side, roof strength and head restraint evaluations, serta punya basic front crash prevention system.

Penilaian dibagi dalam empat kategori, G (Good), A (Acceptable), M (Marginal), P (Poor). Jika semua parameter mendapat nilai G, maka sebuah mobil mendapat predikat `Top Safety Pick`. Sayang, tak ada yang berhasil mendapatkannya.

Presiden IIHS, Adrian Lund, mengatakan bahwa meski tidak ada yang mendapat nilai sempurna, ia senang dengan hasil uji coba ini. "Kami sangat senang dengan fakta bahwa hasilnya tidak terlalu buruk," ujar Lund, dikutip dari cnbc.com.

Meski demikian, Lund menggarisbawahi bahwa mereka memberikan perhatian lebih pada Dodge Challenger yang ada di posisi terbawah. "Kami prihatin Challenger mendapat nilai Marginal pada overlap frontal crash test. Ditambah dengan hanya dapat nilai Acceptable dalam tes roof strength," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini