Sukses

Ford Manfaatkan Limbah Miras untuk Bikin Komponen Mobil

Ford Motor Co resmi bekerja sama dengan produsen minuman keras Tequila, Jose Coervo, untuk mengubah limbah serat agave menjadi bioplastic.

Liputan6.com, Detroit - Ford Motor Co resmi bekerja sama dengan produsen minuman keras Tequila, Jose Coervo, untuk mengubah limbah serat tanaman agave menjadi bioplastic yang bisa jadi bahan pembuatan komponen kendaraan.

Tanaman agave adalah bahan utama Tequila. Tanaman dipanggang, lalu kemudian digiling untuk menghasilkan ekstrak jus. Proses ini meninggalkan serat yang sejauh ini baru digunakan untuk bahan kompos atau kertas.

Dilaporkan Automotive News, Ford mengatakan bahwa serat ini mungkin bermanfaat dalam membuat bioplastic yang kuat serta ringan. Beberapa komponen kendaraan yang bisa dibuat dari bahan ini adalah kabel, unit AC, dan tempat penyimpanan.

Debbie Mielewski, Ford Senior Technical Leader of Sustainability, mengatakan bahwa strategi ini mereka lakukan demi mengurangi penggunaan bahan petrokimia atau komponen yang berasal dari pengolahan gas atau minyak bumi.

"Ada sekitar 181 kilogram plastik dari sebuah mobil yang khas. Tugas kami adalah untuk menemukan tempat yang tepat untuk komposit hijau seperti ini," ujarnya.

Cara-cara `berkelanjutan` ini sebetulnya telah dilakukan Ford sejak 2000 lalu. Mereka, misalnya, pernah menciptakan bantal kursi dari bahan kedelai. Mereka juga pernah mencoba menggunakan kulit tomat untuk membuat bioplastic, 2014 lalu.

Terakhir, akhir Mei lalu, Ford mengatakan bahwa mereka sedang merancang kursi dan plastik penyangga yang terbuat dari karbon dioksida yang diolah sedemikian rupa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.