Sukses

Pakai Alat Ini, Bikin Parkir Mundur Lebih Mudah

Liputan6.com, Tangerang Selatan - Salah satu produk unggulan yang diboyong oleh PT Kramat Motor di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 adalah teknologi kamera bernama Around View Monitor (AVM).

Pada dasarnya, AVM melengkapi mobil dengan empat kamera berukuran kecil. Keempatnya diletakkan pada bagian depan, dua spion samping, dan bagian belakang. Dengan empat kamera ini, pengemudi bisa melihat berbagai objek 360 derajat.

Salah satu keunggulan yang diklaim ada pada produk ini adalah garis imajiner bernama Intelligent Parking Assist System (IPAS). Garis yang kemudian tampil pada monitor di head unit ini memberikan panduan aman saat parkir mundur.

"Jadi ada garis imajiner di layar. Warna hijau artinya aman karena batas dengan objek lain satu meter. Kalau warnanya kuning artinya tinggai 30 cm, lalu kalau merah 10 cm," ujar Arif, Teknisi PT Kramat Motor kepada Liputan6.com.

Dengan teknologi ini, ujar Arif, pengemudi tak perlu lagi khawatir saat memarkirkan mobil di lokasi yang sempit.

Arif mengatakan, cara memasang perangkat ini cukup mudah. AVM mengambil listrik dari kabel lampu mundur. Kabel kemudian dipasangkan ke head unit melalui roof. "Jadi perangkat ini kompatibel selama ada video in," tambahnya.

Produk dari Taiwan ini dibanderol Rp 300 sampai 500 ribu. "Bisa pasang di toko (Kelapa Gading, Jakarta Utara), atau pasang di GIIAS. Asal head unit bisa support video bisa dipasang," tutup  Arif.

Artikel Selanjutnya
Ketika Jhody 'Super Bejo' Berbicara Pembatasan Sepeda Motor
Artikel Selanjutnya
Top3 Berita Hari Ini: Pindah Gigi dan Pelat Nopol Cantik