Sukses

Mitsubishi Positif Palsukan Klaim Konsumsi BBM Delapan Modelnya

Pemerintah Jepang menemukan klaim efisiensi delapan model Mitsubishi yang tertera dalam iklan tak sesuai dengan kenyataan.

Liputan6.com, Tokyo - Pemerintah Jepang menemukan klaim efisiensi delapan model Mitsubishi yang tertera dalam iklan tak sesuai dengan kenyataan. Karenanya, mereka memutuskan menghentikan sementara penjualan domestik produk tersebut.

Kementerian Transportasi Jepang mengatakan bahwa model-model yang terkait termasuk Pajero, Outlander, dan RVR. Temuan ini menambah panjang produk yang konsumsi bahan bakarnya dimanipulasi, setelah sebelumnya empat model lain juga ketahuan.

"Penyelidikan kami menegaskan bahwa konsumsi bahan bakar pada delapan model rata-rata lebih rendah 4,2 persen daripada yang diiklankan," ujar pernyataan resmi kementerian, dikutip dari Reuters, Selasa (30/8/2016).

Penghentian penjualan akan terus diberlakukan sebelum Mitsubishi memberikan data yang benar terkait konsumsi bahan bakar. Menurut kementerian, proses ini membutuhkan waktu beberapa hari karena ada serangkaian tes yang harus dilakukan.

Di satu sisi, Mitsubishi juga akan menarik sementara model-model itu, demi merevisi data dalam katalog atau iklan-iklan lain. Pasca pemerintah Jepang mengumumkan hal ini, saham Mitsubishi langsung tergelincir 0,8 persen.

Pabrikan mobil keenam di Jepang itu telah bergelut dengan skandal ini sejak April lalu. Investigasi internal mereka menyebut komunikasi yang buruk dan tekanan berlebih untuk membuat mobil yang hemat adalah penyebab manipulasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini