Sukses

Bocoran Jok Canggih Kawasaki, Apa Kelebihannya?

Kawasaki akan kembali menggebrak industri otomotif dengan teknologi terbaru. Kali ini mereka akan membuat jok yang bisa bergerak sendiri.

Liputan6.com, Tokyo - Kawasaki akan kembali menggebrak industri kendaraan roda dua dengan teknologi terbaru. Kali ini pabrikan yang khas dengan warna hijau tersebut sedang mengembangkan jok yang dapat menyesuaikan posisi duduk pengendara secara otomatis. 

Melansir morebikes.co.uk, Selasa (1/11/2016), kabar ini diketahui setelah gambar patennya beredar di internet. Meski sketsanya menggunakan model H2, teknologi ini bisa diterapkan pada model di segmen yang sama.

Mudahnya, teknologi ini memanfaatkan motor listrik kecil yang dipasang di subframe motor yang bisa menggerakkan bagian jok belakang, sehingga ruang di mana pengendara duduk bisa disesuaikan, baik lebih lebar atau sempit.

Tidak dijelaskan pada motor mana teknologi ini akan diterapkan untuk pertama kalinya. Namun jika merujuk pada sketsa yang mirip Ninja H2, maka masuk akal jika motor ganas itulah yang pertama-tama akan mengadopsi teknologi unik ini.

Inovasi ini menggenapi teknologi lain yang sebelumnya telah lebih dulu ditawarkan. Beberapa waktu yang lalu pabrikan asal Jepang ini mengatakan sedang mengembangkan motor yang tertanam kecerdasan buatan (artificial intelligence, AI).

Dengan AI ini, ujar Kawasaki, pengendara dan motornya bisa saling `berinteraksi` satu-sama lain. Kemampuan menangkap maksud pengendara disebut Emotion Engine.

Suara yang dikeluarkan pengendara juga akan mampu dikenali oleh motor. AI menterjemahkan perintah suara ke dalam setting kendaraan. Sistem ini bahkan juga mampu mengatur suspensi, pengereman, hingga karakter listrik.

Apakah di masa depan dua teknologi ini akan benar-benar terealisasikan?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.