Sukses

Membersihkan Noda Pada Jok Itu Mudah, Begini Caranya

Kebersihan kabin kendaraan mencerminkan kepribadian pemiliknya.

Liputan6.com, Jakarta - Kebersihan kabin kendaraan mencerminkan kepribadian pemiliknya. Kondisi kabin yang bersih dan rapi tentu bisa membuat Anda lebih nyaman dan betah berlama-lama di dalam mobil.

Sebaliknya, jika kabin berantakan, kotor bahkan menimbulkan bau tidak sedap tentu bisa mambuat Anda tidak nyaman. Terlebih lagi jika Anda memiliki anak kecil, tentu potensi kabin berantakan dan kotor sangat besar.

Kalau hanya mainan yang berserakan bisa dengan mudah dibereskan, tapi kalau sisa makanan dan minuman yang berceceran tentu bisa menimbulkan bercak dan bau tak sedap.

Bagaimana cara mengatasinya? Di bawah adalah cara mudah membersihkan noda pada jok sebagaimana dikutip dari theinteriorguyllc.com.

1. Noda Makanan dan Minuman Berwarna
Noda kopi atau soda yang berwarna pada jok mobil bila tak dibersihkan dengan benar akan meninggalkan bekas noda yang tak bisa hilang. Untuk cara mengatasinya, bila jok mobil yang dimiliki menggunakan bahan kulit maka cukup dengan menyekanya dengan cairan pembersih.

Namun bila jok mobil dari bahan kain (fabric), maka cara membersihkannya cukup dengan air yang dicampur dengan cuka yang disemprotkan pada noda dan kemudian dilap.

2. Noda Kecap atau Saus
Kedua bahan makanan ini sangat sulit dibersihkan ketika menempel pada baju. Pada jok, cara untuk mengatasinya sebenarnya cukup mudah, hanya perlu basahi air dengan cuka kemudian diamkan pada noda selama 5 hingga 10 menit. Setelahnya baru dilap dengan lap basah dan bersih. Kemudian keringkan.

3. Noda Muntah
Noda karena muntah sebenarnya mudah dibersihkan. Cukup dengan lap basah yang diusapkan pada noda. Sedangkan untuk menghilangkan baunya menggunakan baking soda yang ditaburkan pada bagian yang terkena noda.

4. Noda Darah
Darah yang menempel harus segera dibersihkan. Bila tidak, darah akan mengeras dan makin susah untuk diatasi. Cara membersihkannya cukup dengan air dan perasan lemon saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.