Sukses

Child Car Seat Jadi Komponen Wajib Malaysia, Kapan?

Otoritas Malaysia mengusulkan adanya aturan yang mewajibkan pemilik mobil memasangkan kursi mobil untuk anak (child car seat).

Liputan6.com, Johor - Otoritas Malaysia mengusulkan adanya aturan yang mewajibkan pemilik mobil memasangkan kursi mobil untuk anak (child car seat) sebelum aturan hukumnya diterapkan secara penuh pada 2019 nanti.

Hal ini diungkapkan oleh Menteri Pengembangan Masyarakat Malaysia, Datuk Seri Rohani Abdul Karim. Sabtu lalu, terjadi kematian tragis seorang anak berusia dua tahun. Anak kecil ini jatuh dari mobil ayahnya dan tertabrak kendaraan lain.

"Sebelum menerapkan aturan baru, kami akan selalu memberikan masyarakat periode tertentu untuk melakukan itu, sehingga mereka tidak akan tertangkap basah melakukan pelanggaran," ujarnya, dikutip dari thesundaily.my, Rabu (23/11/2016).

"Namun masalah seperti kursi mobil anak dan sabuk keselamatan belakang tidak harus ditunda karena menyangkut keselamatan," tambahnya, setelah meresmikan Conference on Social Innovation (ICSI) 2016, Selasa kemarin.

Selain mendorong implementasi awal, Rohani mendesak orangtua untuk memprioritaskan dan terus mengingat keselamatan anak-anak mereka.

"Orangtua harus selalu memastikan orang dewasa duduk menemani anak kecil atau memastikan mereka aman terikat, untuk mencegah insiden yang tidak diinginkan," ujar menteri perempuan ini.

Di saat yang sama, ujarnya, kementerian pun akan terus menggelar kampanye agar masyarakat semakin sadar pentingnya keselamatan anak. Ia berjanji akan bertemu dengan Kementerian Transportasi dan pemangku kebijakan terkait lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.