Sukses

Naik Bus, Anak-anak Wajib Pakai Seatbelt

AS akan membuat aturan yang mengharuskan seluruh kursi di bus sekolah dilengkapi dengan seatbelt.

Liputan6.com, California - Otoritas Amerika Serikat (AS) dilaporkan akan membuat aturan yang mengharuskan seluruh kursi di bus sekolah dilengkapi dengan seatbelt.

Dilaporkan Autoblog, Mark Rosekind, administrator National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), mengatakan, kebijakan baru itu segera diberlakukan.

"Sabuk pengaman adalah penyelamat nyawa, apakah di dalam mobil penumpang ataukah di bus kuning besar," ujar Rosekind. Riset NHTSA memang menyebutkan bahwa sabuk pengaman adalah cara paling efektif mencegah cedera karena kecelakaan.

Art Yeager, mantan presiden Koalisi Nasional untuk Keselamatan Bus Sekolah, menyambut baik hal ini. "Ini adalah pernyataan yang sangat kuat. Mereka (NHTSA) tidak pernah mengatakan seperti ini sebelumnya," ujar Yeager.

Dalam waktu dekat, NHTSA akan mengkalkulasi berapa biaya yang dibutuhkan agar aturan tersebut dapat ditegakkan. Biaya yang besar diprediksi akan jadi penghalang aturan ini segera diresmikan.

"Pada akhirnya, setiap persoalan keselamatan menjadi tawar menawar atau dolar atau sen, keselamatan terancam. Ini tentang anak-anak, dan kami harus fokus pada mereka," ujar Rosekind.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini