Sukses

Banyak Pesaing, Bagaimana Nasib Suzuki Ertiga di Tahun Depan?

Liputan6.com, Jakarta - Persaingan di pasar mobil keluarga bawah, atau low multi purpose vehicle (LMPV) di Indonesia memang semakin kompetitif.

Dengan kehadiran dua model baru, yaitu Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero. Konsumen seperti mendapatkan alternatif pilihan baru, setelah jenuh dengan model yang sudah ada.

Lalu, bagaimana dengan nasib pemain lama di segmen ini, seperti Suzuki Ertiga?

Meskipun belum banyak memberikan informasi terkait kehadiran Suzuki Ertiga baru, namun Donny Saputra, Direktur Marketing PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), percaya tahun depan persaingan di segmen LMPV akan semakin seru.

"Untuk Suzuki Ertiga belum mau bilang, namun setiap tahun kami pasti ada rencana, ada penyegaran," jelas Donny saat berbincang dengan wartawan di Pondok Indah Mall, beberapa waktu lalu.

Sementara itu, menyinggung dua pesaing baru di segmen LMPV, pria ramah ini menjelaskan jika model tersebut tidak bersinggungan langsung dengan Suzuki Ertiga.

"Sesuai dengan prediksi saya, ada dua alternatif yang terjadi di pasar, yaitu pasar tidak berubah atau tidak naik karena makan model lain, atau memperluas pasar. Kejadian yang terjadi, perluas pasar, karena penjualan Suzuki Ertiga atau model LMPV merek lain juga masih sama," jelasnya.

Pasalnya, dua model baru LMPV ini memang bermain di kelas berbeda, yaitu satu bermain di kelas atas dan satu lagi bermain di kelas bawah. "Suzuki Ertiga itu ada di tengah, jadi tidak terpengaruh," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

1 dari 2 halaman

Tes Suzuki Ertiga

Banyaknya pesaing di segmen mobil keluarga bawah atau LMPV, membuat setiap model harus segera melakukan penyegaran. Hal tersebut untuk tetap menjaga daya saing, dan usaha untuk tetap dilirik konsumen.

Hal itu tentu saja sangat diyakini oleh Suzuki, dengan mempersiapkan model baru dari LMPV andalannya, Ertiga. Bahkan, model baru dari pabrikan berlambang huruf 'S' ini sudah terlihat tengah diuji coba di sebuah jalan di India.

 

 

Melansir Indianautosblog, Rabu (18/10), dari foto yang diunggah oleh Tim-BHP, pilar C dari Suzuki Ertiga baru ini lebih besar dari model lawas. Sepertinya, generasi baru Suzuki Ertiga ini bakal memiliki dimensi yang lebih panjang, serta sumbu roda yang lebih lebar.

Untuk desainnya, memang masih tertutup kamuflase, dan masih belum sepenuhnya terungkap. Sementara itu, untuk interiornya diperkirakan mirip dengan all new Suzuki Swift, namun dengan skema warna yang lebih elegan.

Suzuki Ertiga baru ini menggunakan platform HEARTECT, sama seperti Swift baru, Baleno, hingga Ignis. Dengan menggunakan platform tersebut, diharapkan bobot Suzuki Ertiga bisa lebih ringan.

Untuk jantung penggeraknya, Suzuki sepertinya siap mengganti mesin diesel DDiS berkapasitas 1,3 liter dengan mesin berkapasitas 1,5 liter. Sementara itu, untuk mesin bensin K14B berkapasitas 1,4 liter belum diketahui pasti, apakah diganti atau terus digunakan.

Artikel Selanjutnya
Bos Honda Masih Ragu Kiprah Luthi di MotoGP 2018
Artikel Selanjutnya
Duo Pembalap MotoGP Jajal Kasta Terendah Suzuki GSX-R