Sukses

Tahun Politik, Pesanan Ferrari dari Indonesia Tetap Lancar

Sewaktu diperkenalkan, sudah ada empat unit Ferrari personalisasi khusus Tailor Made yang dipesan oleh konsumen Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Tahun politik 2014 nyatanya tak berpengaruh banyak untuk segmen kendaraan mewah. Ferrari membuktikan, saat perkenalan program Tailor Made oleh PT Citra Langgeng Otomotif (CLO) selaku distributor resmi Ferrari di Indonesia, tercatat empat nama telah lebih dahulu antri memesan supercar Italia tersebut.

"Sudah ada empat unit Ferrari kustomisasi Tailor Made yang dipesan dari Indonesia, antara lain F12 Berlinetta, 458 Spyder, serta 458 Speciale. Yang paling banyak 458 Speciale, ada dua unit yang dipesan, ungkap Ari Christopher, CEO PT CLO seusai perkenalan program Tailor Made pada Rabu (27/8/2014).

Proses personalisasi melalui Tailor Made sendiri memakan waktu yang cukup lama, kurang lebih enam bulan. Meskipun lama, para pemesan Ferrari dengan dari Tanah Air nyatanya tetap bersabar. Untuk pilihan konsumen Indonesia, Ari memaparkan jika mayoritas menggunakan konsep Scuderia, dari mobil-mobil balap Ferrari.

"Saking banyaknya pilihan corak dan bahan interior yang ada di Maranello, konsumen kerap dibuat bingung dalam menentukan pilihannya hingga tiga hari. Namun, ada juga yang hanya dua jam telah mampu menentukan pilihan corak yang akan diaplikasikan ke sportcar pesanannya," papar Ari.

Uniknya, para pemesan Ferrari Tailor Made dari Indonesia terlihat tak sama sekali terpengaruh dengan tahun politik 2014 yang berpengaruh pada ekonomi. Pihak distributor pun malah 'diuntungkan', karena target penjualan Ferrari mereka tak mengalami penurunan secara signifikan.

"Untuk penjualan Ferrari tahun ini, diperkirakan akan menurun antara 10 hingga 15 persen dibanding capaian tahun lalu. Namun, meskipun menurun penjualannya mampu mencapai target yang kami prediksi," ujarnya.

Sebagai perbandingan, PT CLO pada tahun 2013 lalu berhasil mencatatkan penjualan hingga 40 unit selama satu tahun. Tahun ini diperkirakan penjualan hanya akan menurun antara empat hingga enam unit.

Serupa dengan importir kendaraan mewah lain, Ari mengungkapkan, jika penjualan kendaraan di segmen premium ini tak akan terlalu terpengaruh dengan situasi saat ini. Penurunan akibat PPnBm yang diberlakukan pun hanya berdampak sesaat dan paling lama sekitar enam bulan saja.

Untuk pemesanan Ferrari dengan personalisasi melalui Tailor Made, Ari menjelaskan jika tiga unit sedang dalam tahap perakitan dan satu unit lainnya sedang dipersiapkan untuk masuk dapur produksi.

"Bulan September esok konsumen yang memesan Tailor Made akan berangkat ke Maranello untuk mempersiapkan konsep mobilnya, sementara itu untuk tiga unit lainnya telah masuk proses produksi," tutupnya. (Ysp/Des)

---

Bagi Anda yang ingin mengikuti tes simulasi CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini