Sukses

Canggihnya Tiga Mobil Konsep Toyota di IIMS 2014

Toyota menjelaskan bahwa tiga mobil di antaranya merupakan konsep, yakni FT1, FV2, dan FCV.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia International Motor Show (IIMS) kerap dimanfaatkan sebagai ajang unjuk teknologi. Tak mau ketinggalan dengan kompetitornya yang telah menyingkap mobil konsep yang bakal diboyong, PT Toyota Astra Motor (TAM) pun bakal menghampar sejumlah kendaraan dengan teknologi terkini.

Dari 35 kendaran yang akan dipamerkan di IIMS 2014, Toyota menjelaskan bahwa tiga mobil di antaranya merupakan konsep, yakni FT-1, FV2, dan FCV.

Untuk FT-1, jelas Marketing Director PT TAM, Rahmat Samulo, nama mobil itu merupakan singkatan dari Future Toyota One (1). Dijelaskannya, mobil ini adalah konsep dari mobil Toyota di masa depan.



"FT1 dikembangkan oleh Calty Design Research dari Amerika. Kalau bicara desain, mobil ini memiliki tampilan eksterior mobil sport yang berkombinasi dengan gaya F1 dan kokpit yang dibuat mirip pesawat," jelasnya.

Yang tak kalah menarik, Samulo turut mengungkap sebuah model FV2 yang merupakan generasi lanjutan dari FV1. Mobil ini, ujarnya, dirancang khusus untuk berkomunikasi antara perasaan si pengendara dengan kendaraan.



"Ketika tangan menyentuh bagian tertentu dari mobil, maka kendaraan secara otomatis bisa mengetahui perasaan si pengendara. Tak cuma itu, FV2 juga bisa menyimpan memori pengendara," jelasnya.

Tak cuma itu, FV2, klaim Samulo, juga mampu memberikan sejumlah alternatif hiburan ketika suasana hati si pengendara sedang tidak bagus. "Antara pengendara dan kendaraan menyatu," imbuhnya.

Selain dua mobil yang masih dalam bentuk konsep, Toyota turut memboyong mobil berbahan bakar hidrogen, FCV, ke IIMS. Dikatakan, mobil itu memanfaatkan bahan bakar hidrogen yang mampu bereaksi dengan oksigen untuk menghasilkan listrik.



"Emisi yang dihasilkan berupa uap air. Kendaraan ini juga dikombinasikan dengan hibrida. Pada saat melaju dengan kecepaan tinggi dia secara otomatis mengisi bateria. Saat baterai penuh bisa support untuk efisiensi," tuntasnya. (Gst/Des)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini