Sukses

Indonesia Siap Jadi Eksportir Roda Dua

Mulai tahun depan AHM akan menjadi eksportir sepeda motor di kawasan regional.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia saat ini dipilih oleh produsen global untuk memproduksi sepeda motor yang ditujukan pada pasar domestik. Tak hanya itu saja, kualitas produksi tangan-tangan terampil dalam negeri yang mumpuni rupanya membuat pihak prinsipal juga menunjuk Indonesia sebagai basis produksi sepeda motor untuk ekspor.

Mengambil peran ini, PT AHM siap menjadi basis ekspor adalah PT Astra Honda Motor (AHM). Tak tunggu lama, mulai tahun depan (2015) AHM akan menjadi eksportir sepeda motor untuk kawasan regional.

"Untuk negara yang akan menjadi tujuan ekspor belum bisa kami sebutkan saat ini, namun negara tersebut masih berada dalam kawasan ASEAN," ungkap Thomas Wijaya, Division Head Sales Division AHM saat berbincang dengan para wartawan di booth Honda.

Namun, meskipun telah menjadi basis produksi sepeda motor untuk kawasan domestik, AHM juga masih mengimpor dua sepeda motor sepeda motor yakni PCX 150 serta CBR250R. "Jumlah impor hanya 500 unit dari total sepeda motor yang dipasarkan yang mencapai sekitar 400 ribu unit," paparnya.

Proses studi mengenai ekspor yang dilakukan AHM saat ini sudah sampai pada tahap akhir baik negara tujuan serta tipe sepeda motor yang akan diekspor. Thomas berujar jika pada akhir tahun ini AHM akan melakukan finalisasi mengenai ekspor sepeda motor.

"Kita tinggal melakukan proses finalisasi pada akhir tahun ini. Untuk permulaan ekspornya sendiri akan dimulai pada tahun 2015 mendatang," tutupnya.

---
*Kunjungi booth Liputan6.com di hall B-48 IMoS 2014, dan dapatkan beragam fasilitas untuk pengunjung mulai dari refleksi hingga sarana charging station.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini