Sukses

Angka Kematian di Jalan Raya Terus Meningkat, Ini Sebabnya

Angka kematian berdasarkan data WHO mencapai 1,25 juta per tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Kampanye keselamatan berkendara sudah sering dikumandangkan di banyak negara. Namun ternyata hal ini tidaklah menjamin berkurangnya angka kematian akibat kecelakaan. Tiap tahun, menurut data WHO saat konferensi di Jenewa dan London, 1,25 juta orang tewas akibat kecelakaan.

"Kecelakaan lalu lintas terutama di jalan raya menjadi hal yang tidak bisa diterima, terutama jika dialami orang-orang miskin di negara berkembang," kata Dr. Margaret Chan, Direktur Jenderal WHO seperti dilansir Forbes, Selasa (20/10/2015).

Margaret menjelaskan bahwa ada kesenjangan besar yang memisahkan negara-negara berpenghasilan tinggi dari yang berpendapatan rendah dan menengah. Pada negara-negara yang masuk dalam kategori berkembang, angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas mencapai 90% meskipun di negara tersebut hanya memiliki 54% dari kendaraan di dunia.

"Resiko kematian dalam kecelakaan lalu lintas jalan, sebagian besar masih tergantung di mana orang hidup dan bagaimana mereka berpindah ke sekitarnya. Negara-negara kaya di Eropa memiliki tingkat kematian terendah per kapita; Afrika jadi yang tertinggi," kata Margaret.

Global Status Report on Road Safety 2015 merupakan laporan yang dikumpulkan dari 180 negara. Dari laporan tersebut, butuh lebih banyak lagi perhatian untuk melindungi pejalan kaki, pengendara sepeda, dan sepeda motor. Ketiganya menyumbang angka kematian yang signifikan di banyak wilayah dunia.

Dr. Etienne Krug, Direktur Pengelolaan Penyakit menular, Cacat, Kekerasan dan Pencegahan Cedera WHO menambahkan, salah satu cara meminimalkan korban tewas adalah dengan meningkatkan jumlah transportasi umum serta membuat orang-orang yang berjalan dan bersepeda jadi lebih aman.

"Jika kita membuat berjalan dan bersepeda lebih aman maka jumlah kematian jadi lebih sedikit. Dengan aktivitas fisik lebih banyak membuat kualitas udara jadi baik, dan kota-kota lebih menyenangkan," tuntasnya.

(ysp/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini