Sukses

Jangan Sembarangan Tolong Korban Kecelakaan, Atau Fatal Akibatnya

Begini cara yang benar kalau Anda ingin memberi pertolongan pada korban kecelakaan. Disarankan tidak asal bertindak.

Liputan6.com, Jakarta Kecelakaan memang bisa terjadi di mana saja. Namun, bagi Anda yang ingin memberi pertolongan pada korban kecelakaan, disarankan tidak asal bertindak.

Sebab, menurut Adhi Nugroho, CEO perusahaan jasa kesehatan dan keselamatan kerja (Safetycode), ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Pertama, pastikan kondisi lingkungan sekitar korban aman. Setelah itu cek respons korbannya. Bila masih dalam kondisi sadar ajak berkomunikasi.

"Bila sudah nggak sadar, cek pernapasan. Paling gampang lihat dadanya naik-turun apa enggak atau cek nadi," papar Adhi kepada Liputan6.com.

Kemudian, bila korban mengalami luka cukup parah, disarankan untuk tidak memindahkan korban terlebih dahulu. Beri ruang hingga petugas medis datang memberikan bantuan.

"Lakukan pengamatan pada korban. Bila tidak ada luka serius atau potensi cedera di rongga badan nggak masalah. Tapi kalau korban cedera parah jangan dipindah," katanya.

"Banyak fatalitas terjadi karena salah pertolongan di awal," tuntas dia.

(gst/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini