Sukses

3 MPV dengan Varian Diesel

Berikut adalah tiga model MPV yang menyediakan varian mesin Diesel.

Liputan6.com, Jakarta - Varian mesin mobil yang umum di Indonesia ada dua: Diesel dan bensin. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Karena itu, ada yang lebih menyukai mobil bermesin bensin, ada pula yang Diesel.

Meski keiritan mesin Diesel mulai dipertanyakan pasca terkuaknya skandal Dieselgate, tetapi mesin ini yang jelas memiliki keunggulan pada torsi, terutama di putaran rendah. Inilah mengapa mesin Diesel dirancang untuk mengakomodasi beban yang lebih berat.

Salah satu segmen mobil yang menggendong mesin Diesel adalah MPV (Multi Purpose Vehicle). Konsumen Indonesia sendiri cukup banyak yang menggunakan MPV karena berkapasitas besar, cocok untuk dijadikan mobil keluarga.

Berikut adalah tiga MPV yang menyediakan varian Diesel untuk konsumennya:

Toyota Kijang Innova

Toyota Kijang Innova adalah MPV yang pertama kali diproduksi pada 2004. Model ini menyediakan varian Diesel, spesifiknya 2KD-FTV D4-D common rail variable geometry turbocharger. Mesin Diesel Toyota Innova hasilkan tenaga 102 Tk.

Menurut laman resmi Toyota, mesin Diesel termahal dipegang oleh Tipe V transmisi otomatis dengan harga Rp 344 juta. Sementara Diesel termurah dimiiki Innova tipe E dengan banderol Rp 272,6 juta.

Chevrolet Spin

Chevrolet Spin diproduksi mulai 2012. MPV 5 pintu ini menyediakan varian Diesel 1,3 liter. Mesin tersebut hasilkan tenaga 75 Tk dan torsi 190 Nm. Menurut laman resmi Chevrolet Indonesia, Spin Diesel dibanderol dengan harga Rp 219,8 juta.

Hyundai H-1

Seperti MPV pada umumnya, Hyundai H-1 merupakan kendaraan yang dirancang untuk dapat memuat banyak penumpang. Generasi kedua (2007) mobil ini menawarkan Mesin Diesel 2,5 liter CRDi yang hasilkan tenaga 171 Tk dan torsi 402 Nm.

Hyundai membanderol H1 Diesel dengan harga antara Rp 493 juta - Rp 572,5 juta. Selain itu, mereka juga menjual H-1 Limited yang pertama kali diperkenalkan di GIIAS 2015 dengan banderol Rp 483 juta.

(rio/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini