Sukses

Lewat Toyota, Jepang Mau Kuasai Amerika

Melalui ajang balap Nascar, Toyota terus `menancapkan kukunya` di pasar Amerika Serikat (AS).

Liputan6.com, California - Beragam cara dilakukan pabrikan untuk memenangkan kompetisi penjualan. Salah satunya dengan menjuarai berbagai balapan. Hal itulah yang dilakukan oleh Toyota melalui Nascar.

Seperti dilaporkan Automotive News, dilansir Jumat (26/11/2015), pabrikan asal Jepang ini menggunakan ajang balap Nascar Sprint Cup untuk membuktikan keandalan model buatannya. Baru-baru ini, mereka memanangkan Sprint Cup Series, prestasi tertinggi yang pernah mereka raih.

Menurut riset IHS Automotive, dua dari tiga penggemar Nascar sekarang sudah mempertimbangkan untuk membeli mobil buatan Toyota. Jumlah ini bertambah dua kali lipat saat Toyota baru bergabung dalam ajang balap itu pada 2007.

Secara keseluruhan, menurut laman USA Today, penjualan Toyota di Amerika Serikat (AS) pada Oktober lalu mencapai angka 177.609 unit, atau melonjak 13 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Di AS sendiri, sampai saat ini toyota telah memiliki 14 pabrik yang telah menyerap 356 ribu angkatan kerja.

Akio Toyoda, Presiden Toyota, mengatakan bahwa strategi ini akan terus dilanjutkan. Tahun depan misalnya, mereka akan memulai kemitraan strategis dengan Nascar Furniture Row Racing, yang membuat logo perusahaan akan terpampang di berbagai tempat.

"Sekarang Anda mellihat ada Tundra, Camry, Corolla, disamping Chevrolet atau Ford," ujar Toyoda. "Kami adalah bagian dari lanskap (mobil laris di AS)," tambahnya.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.