Sukses

Naples, Kota Ketiga di Italia yang Larang Penggunaan Mobil

Naples jadi kota ketiga di Italia setelah Milan dan Roma melarang mobil melintasi jalanan pada jam-jam tertentu.

Liputan6.com, Naples - Naples jadi kota terbaru di Italia yang melarang mobil melintasi jalanan pada jam-jam tertentu. Kebijakan ini diberlakukan untuk mengurangi polusi udara yang semakin parah.

Ini menjadikan Naples kota ketiga yang melakukan kebijakan serupa. Sebelumnya, sebagaimana dilaporkan Reuters, Milan dan Roma telah menerapkan kebijakan pelarangan mobil pada pertengahan Desember lalu.

Pada 28-30 Desember lalu, pemerintah Kota Milan memberlakukan larangan pada seluruh kendaraan bermotor antara pukul 10 pagi hingga 4 sore. Sementara Roma memberlakukan larangan berdasarkan plat nomor ganjil-genap.

Bukan hanya melarang mobil, pemerintah Kota Naples juga membatasi alat pemanas ruangan di sejumlah bangunan. Kebijakan ini akan diberlakukan hingga 8 Januari nanti.

Dijelaskan, kebijakan ini dilatarbelakangi tingkat polusi di sana semakin buruk. Polusi akibat kendaraan bermotor menjadi isu utama yang diperjuangkan pemerintah di berbagai negara. Tiongkok misalnya, berinvestasi besar-besaran untuk membuat mobil listrik karena lebih ramah lingkungan. 

Sementara itu, pemerintah Delhi, India, beberapa waktu lalu melarang penjualan mobil bermesin Diesel hingga 31 Maret 2016.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.