Sukses

Yamaha V-Ixion Brebet saat Digeber, Ini Penyebabnya

Salah satu masalah yang cukup sering dikeluhkan pengguna V-Ixion adalah sensasi 'brebet' yang timbul saat tuas gas ditarik ke rpm tinggi.

Liputan6.com, Depok - Di beberapa forum media sosial, ramai pembahasan soal permasalahan pada Yamaha V-Ixion.  Salah satu masalah yang cukup sering dikeluhkan adalah sensasi 'brebet' yang timbul saat tuas gas ditarik ke rpm tinggi.

Faisal, mekanik Yamaha Dimas Motor di Depok, Jawa Barat, mengatakan, masalah tersebut kemungkinan berasal dari fuel pump, yaitu alat pengatur masuknya bahan bakar ke sistem Injection.

"Fuel pump itu agar motor irit, bentuknya kecil. Sewaktu ditarik tiba-tiba, fuel pump-nya tidak bisa menyuplai bensin ke injeksi lebih banyak, karena salurannya yang kecil. Hasilnya tarikan motor brebet," ujarnya kepada Liputan6.com beberapa waktu yang lalu.

Selain fuel pump, masalah juga bisa berasal dari bahan bakar. Bahan bakar yang beroktan rendah, menurut Faisal, berpotensi membuat pembakaran kurang sempurna.

"Kadang dari fuel pump. Kadang juga dari bahan bakarnya, Premium. Bahan bakar yang kurang bagus bikin kotor saluran pembakaran. Pembakaran juga ujung-ujungnya kurang bagus, jadinya bisa brebet juga," terang pria yang telah menjadi mekanik Yamaha sejak empat tahun lalu ini.

Untuk itu, ia menyarankan agar pengguna V-Ixion tidak lagi menggunakan bakan bakar beroktan rendah. "Untuk V-Ixion dan motor-motor injeksi memang sebaiknya pakai Pertamax," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.