Sukses

Harga Xabre Versi Indonesia Lebih Murah dari Thailand, Kok Bisa?

Ternyata, harga Xabre lebih terjangkau dari M-Slaz di Thailand. Di negara Gajah Putih itu harga M-Slaz sekira Rp 34 jutaan.

Liputan6.com, Bogor Xabre adalah versi Indonesia dari model M-Slaz yang lakoni debut global di Thailand. Untuk pasar Indonesia, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing selaku produsen memasarkan model ini seharga Rp 29,8 juta (OTR Jakarta).

Ternyata, harga tersebut lebih terjangkau dari M-Slaz di Thailand. Di negara Gajah Putih itu harga M-Slaz sekira Rp 34 jutaan.


"Perbedaan harga wajar karena kami di sini jual lebih banyak. Selain itu, GDP kita lebih rendah dari Thailand," buka Dyonisius Beti, Executive Vice President dan COO PT YIMM saat pembukaan sesi test ride Yamaha Xabre, Senin (1/2).

Selain itu, harga yang relatif lebih murah dikarenakan Xabre memiliki kandungan lokal hingga 94% dan diproduksi di Indonesia. Ia mencontohkan jika komponen suspensi upside down pada Xabre diproduksi di dalam negeri. "Untuk suspensi upside down, kami mengambil local content dari Kayaba," tambahnya.

Di luar soal komponen, pada pengembangan Xabre Yamaha fokus pada proses desain yang digarap secara total. Sementara itu, spesifikasi dapur pacu masih mempertahankan mesin yang diadopsi dari R15.

"Saat development Xabre, kami punya prioritas dan totalitas pada desain. Untuk mesin relatif tidak banyak berubah dengan R15," tambahnya.

Beti menyebut apabila sisi mesin mendapat ubahan secara signifikan maka proses pengembangan semakin lama. Waktu peluncuran juga bakal mundur.

"Knalpot dibuat masih sama dengan R15 karena bila kami mendesain ulang maka waktu pengembangan nambah 6 bulan sampai 1 tahun lagi," tuntasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.