Sukses

Trio Hot Wheels Termahal di Dunia, Ada yang Tembus Rp 50 Miliar

Berikut adalah tiga muscle car termahal di dunia. Harganya mencapai puluhan miliar rupiah.

Liputan6.com, Jakarta - Muscle car atau `mobil otot merujuk pada mobil berperforma tinggi dengan desain yang khas. Meski awalnya tenar di Amerika Serikat (AS), sebaran mobil ini telah merata di seluruh dunia. Di dunia anak, Hot Wheels menjadi produsen mainan yang mengeluarkan produk berbasis mobil tersebut.

Lebih spesifik, muscle car biasanya berbentuk sedan mid-size 2 pintu yang menggendong mesin V8 dan berpenggerak roda belakang. Beberapa pabrikan ternama yang memproduksi mobil jenis ini adalah Dodge, Ford, Chevrolet, dan Chrysler.

Menurut berbagai sumber, muscle car pertama di dunia adalah Oldsmobile Rocket 88 yang diperkenalkan pada 1949 lalu. Mobil ini dilengkapi dengan katup kompresi tinggi overhead V8 yang pertama hadir di daratan Amerika.

Merek yang berjasa `mengangkat` nama muscle car di antaranya adalah Chrysler. Pabrikan ini memproduksi C-300 tahun 1955. Mobil tersebut melambungkan segmen muscle, dan membuat pabrikan lain berlomba membuat produk yang terbaik.

Medio 1960an adalah periode keemasan muscle car. Banyak pabrikan berkompetisi di lintasan drag dan kejuaraan balap lain untuk membuktikan siapa yang terbaik. Di periode ini juga model-model yang sampai sekarang masih eksis bermunculan, seperti Ford Mustang dan Chevrolet Camaro.

Saat ini, masih banyak yang menggemari mobil ini, bahkan komunitasnya pun masih eksis. Dari sekian banyak muscle car yang beredar, beberapa di antaranya terhitung sangat mahal, entah karena faktor historis atau faktor-faktor lain.

Harga yang selangit ini membuat hanya orang-orang kaya yang mampu memilikinya. Nah, musle car apa saja yang dimaksud? Berapa harganya? Diolah dari The Richest, Selasa (8/3/2016), berikut tiga muscle car termahal di dunia itu:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Next

3. Plymouth Hemi Cuda Convertible 1971 — Rp 28,97 miliar

Pada 2002, Plymouth Hemi Cuda convertible lansiran 1971 menjadi headline koran-koran setelah menjadi muscle car pertama yang terjual dengan harga lebih dari satu juta dollar AS.

Menjadi mobil otot termahal ketiga di dunia baru dipecahkan pada 2007. Saat itu, Plymouth Hemi Cuda convertible ini terjual di rumah lelang Barrett Jackson dengan harga US$ 2,2 juta atau sekira Rp 28,97 miliar.

Mobil otot ini hanya punya satu kelemahan: mesinnya sudah tidak lagi asli, lainnya masih orisinil, termasuk lempengan logam body. Dalam restorasi, muscle car dikelir dengan warna biru gelap, termasuk bagian velg.

Mesin orisinil mobil mampu hasilkan tenaga 426 Tk dari mesin bertransmisi 4 percepatan. Saat itu, mesin ini diklaim jadi paling bertenaga di antara mobil-mobil lainnya. 

Perjalanan Cuda menjadi mobil legendaris dimulai pada 1970, ketika Chrysler memproduksi secara terbatas mobil ini khusus untuk balap NHRA Super Stock. Saat itu, pabrikan hanya membuat 11 unit Hemi saja. Jumlah yang sangat terbatas ini yang membuat harga Hemi Cuba melambung tinggi.

3 dari 4 halaman

Next

2. Plymouth Hemi Cuda Convertible 1971 - Rp 46,09 miliar

Sama seperti posisi-3, di posisi 2 juga ada Plymouth Hemi Cuda Convertible 1971. Mobil ini terjual seharga US$ 3,5 juta atau sekira Rp 46,09 miliar pada Juni 2014 lalu di rumah lelang Mecum di Seattle, Washington. Ini adalah rekor tertinggi dari seluruh model Chrysler yang pernah dijual.

Mobil otot super langka ini hanya terdapat dua unit di Amerika Serikat (AS). Mobil ini menggendong mesin besar V8 bertransmisi 4 percepatan yang hasilkan tenaga 426 Tk.

Hemi Cuda ini bisa lebih mahal dibanding `saudaranya` adalah karena muscle car ini menggendong mesin yang masih orisinil. Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, Hemi Cuda lain yang terjual seharga Rp 28,97 miliar mesinnya sudah tidak asli.

Mobil ini sangat mulus. Dikelir dengan warna biru, Plymouth Hemi Cuda Convertible 1971 masih mempertahankan bodywork asli. Muscle car ini juga dilengkapi dengan Super Track Pack, dan shaker hood ikonik Barracuda.

Restorasi dilakukan oleh seorang ahli bernama Julius Steuer pada awal 2000an. Saat berhasil dilelang, Mecum tidak mengungkapkan identitas sang pemilik mobil baru ini. Dikatakan, proses pelelangan hanya terjadi sekira 8 menit saja.

4 dari 4 halaman

Next

1. Chevrolet Corvette L88 1967 — Rp 50,7 miliar

Inilah muscle car termahal di dunia. Chevrolet Corvette L88 1967 berhasil terjual di rumah lelang Barrett-Jackson dengan harga US$ 3,85 juta atau sekira Rp 50,7 miliar pada awal 2014 lalu.

Sebelumnya, pada 2013 mobil yang sama baru saja terjual dengan harga yang juga sangat tinggi, yaitu US$ 3,2 juta. Saat itu, mobil ini berada di posisi kedua, berada di bawah 1971 Hemi Cuda Convertible yang terjual US$ 3,5 juta.

Hanya ada 20 unit kendaraan yang diproduksi. Dengan demikian, mobil ini juga terhitung langka. Menariknya, mobil ini bahkan tidak dilengkapi dengan radio atau bahkan pengatur suhu ruangan.

Apa yang membuat harga muscle car ini melambung tinggi adalah mobil ini menggendong mesin L88 pertama yang diproduksi. Diperkirakan, mesin ini hasilkan tenaga maksimal 430 tk, tetapi perkiraan tidak resmi mengatakan bahwa mesin ini bahkan mampu keluarkan tenaga lebih dari 560 Tk.

Sebelum dijual, Chevrolet Corvette L88 1967 ini direstorasi oleh Navers Brothers of Houston. Lebih menarik, proses restorasi ini kemudian diadaptasi oleh National Corvette Restorers Society sebagai proses restorasi Corvette yang benar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini