Sukses

Winshield Canggih Buatan Yamaha dan Samsung

Samsung dan Yamaha Italia menciptakan alat canggih bernama Smart Windshield yang dapat menampilkan beragam informasi.

Liputan6.com, Roma - Samsung dan Yamaha Italia mengumumkan kerja sama dalam mengembangkan platform baru untuk mengintegrasikan smartphone dan sepeda motor. Produknya adalah Smart Windshield yang masih dalam bentuk konsep.

Melansir Gizmag, Kamis (24/3/2016), windshield ini terhubung dengan smartphone melalui wifi. Layar windshiled yang berada di bawah kaca depan, di atas instrument cluster, memiliki fungsi yang mirip dengan smartphone.

Layar tersebut dapat memberikan informasi tentang banyak hal. Dari mulai kecepatan, GPS, bahkan menjawab panggilan telepon atau pesan yang masuk. Alat ini juga di masa depan dapat membuat motor saling `berkomunikasi` satu sama lain.

Untuk mewujudkan komunikasi itu, Yamaha mengajak BMW dan Honda demi menghasilkan sebuah standar komunikasi motor yang disebut Connected Motorcycle Consortium. Tidak dijelaskan apa komentar BMW dan Honda terkait ini.

Alat ini baru dipasang di skuter Tricity. Motor berkapasitas 125 cc ini dipilih karena sangat popular di kalangan pengendara muda Eropa. Alat canggih ini juga sebetulnya menyasar mereka sebagai pasar potensial.

Samsung dan Yamaha mengatakan bahwa windshield ini masih dalam tahap pengembangan. Sejauh ini, belum ada rencana produksi massal. Apalagi masih ada keraguan soal faktor keselamatannya. Sebab, mau tidak mau layar tersebut dapat mengalihkan perhatian pengendara, meski hanya sepersekian detik saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini