Sukses

Kualitas 1 dari 3 Lampu Utama Mobil Diragukan

Satu pertiga mobil ukurang sedang di Amerika Serikat (AS) ternyata punya kualitas headlight yang buruk.

Liputan6.com, Detroit - Satu pertiga mobil ukuran sedang di Amerika Serikat (AS) ternyata punya kualitas headlamp yang buruk. Demikian laporan dari Insurance Institute for Highway Safety (IIHS), dirilis Rabu lalu.

Melansir Reuters, Kamis (31/1/2016), pengujian dilakukan untuk mengetahui seberapa baik lampu utama menerangi jalanan, serta, apakah kecerahannya justru membuat silau berlebihan mobil lainnya atau tidak.

Dari 31 model ukuran menengah yang diuji, 11 di antaranya meraih peringkat baik, 9 rata-rata, dan 10 buruk. Salah satu headlamp yang baik itu adalah Prius V. Dengan catatan, lampu utama yang diuji adalah yang opsional, bukan yang standar.

Kemudian, adapula Audi A3, Honda Accord, dan Nissan Maxima yang dianggap baik. Sementara itu, model-model yang lampu utamanya dianggap buruk di antaranya adalah Kia Optima, Chevrolet Malibu, dan Volkswagen Passat.

Menurut salah satu pejabat IIHS, Matthew Brumbelow, pada dasarnya lampu utama bukanlah sesuatu yang sulit diganti. "Banyak masalah pada lampu yang dapat diperbaiki dengan tujuan yang lebih baik," ujar Brumbelow.

Di lain sisi, juru bicara aliansi pabrikan otomotif yang terdiri atas Toyota, General Motors, Ford, Volkswagen, dan lain-lain, menolak berkomentar terkait hasil tes ini.

Tahun 2007 lalu, lembaga keselamatan AS melansir temuan 49 persen kematian lalu lintas terjadi di malam hari. Tidak disebutkan berapa angka kematian yang terkait dengan pencahayaan, dibanding perilaku mengemudi yang buruk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.