Sukses

Toyota Berencana Jual Data Pelanggannya

Toyota berencana menjual data pelanggannya ke pihak ketiga. Tapi masih terbentur beberapa masalah seperti privasi.

Liputan6.com, Nagoya - Baru-baru ini, Toyota semakin mendalami kerja sama dengan Microsoft mengembangkan mobil yang terkoneksi dengan internet (connected car). Ternyata, langkah Toyota tidak sampai situ. Mereka juga berencana menjual data yang dikumpulkan dari pengemudi.

Dilaporkan Nikkei Asia, data-data ini nantinya akan dijual ke pihak ketiga. Dengan demikian, diprediksi sumber pendapatan pabrikan asal Jepang yang saat ini telah menjadi yang terbesar di dunia ini akan semakin banyak.

"Kami sedang mempertimbangkan rencana untuk menjual informasi tentang bagaimana mobil dijalankan ke perusahaan di luar Toyota group," ujar salah satu eksekutif.

Bahkan saat ini, eksekutif Toyota mengaku telah memperoleh persetujuan dari pengguna untuk mengumpulkan informasi mengemudi mereka.

Diprediksi, jika hal ini terjadi, Toyota kemungkinan akan menarik banyak perhatian industri lainnya. Termasuk perusahaan asuransi yang akan lebih tepat menawarkan jasa kepada pelanggan jika tahu bagaimana pola mengemudi konsumennya.

Tapi, langkah ini kemungkinan akan menghadapi sejumlah tantangan. Salah satunya terkait dengan isu privasi. Menjual data tanpa persetujuan yang bersangkutan dianggap melanggar kerahasiaan seseorang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.