Sukses

Toyota Sienta Debut, Honda Tak Tinggal Diam

Honda Jepang tengah menggodok Freed generasi terbaru. Pakai mesin 1,0 liter turbo.

Liputan6.com, Jakarta - Toyota Sienta resmi melakoni debutnya melalui Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016. Mobil berfitur pintu geser itu resmi menemani Honda Freed yang lebih dulu bermain di pasar.

Honda tentu saja tak tinggal diam. Kabarnya, Honda Jepang tengah menggodok Freed generasi terbaru. Pakai mesin 1,0 liter turbo.



Dikonfirmasi soal ini, Marketing and After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy tak bisa berbicara banyak.

"Di Jepang ada recana seperti itu, tapi saya nggak tahu spesifikasinya seperti apa, kami belum bisa bicara," kata Jonfis kepada Liputan6.com saat ditemui di booth Honda IIMS 2016.

Diwartakan sebelumnya, President & CEO Honda Motor Co., Takahiro Hachigo mengonfirmasi soal Freed generasi terbaru yang akan melakoni debutnya tahun ini. "Minivan kompak Freed dijadwalkan akan mengalami perubahan total tahun ini," ujar Hachigo.

Berdasarkan desas-desus yang berkembang, Honda Freed baru mengandalkan mesin bensin 1.0L tiga silinder VTEC Turbo menjanjikan tenaga 127 Tk. Mesin ini akan mengganti mesin 1.5 liter empat silinder naturally aspirated i-VTEC yang punya output 118 Tk dan torsi 146 Nm.

Berdasarkan gambar yang tersiar di jagat maya, Honda Freed baru mempertahankan bahasa desain yang ada saat ini. Terlihat, mobil menerapkan bentuk yang tegas, aksen krom tebal pada grill, sporty bumper, dengan guratan tegas pada sisi samping laiknya Honda Jazz.



Untuk interiornya, Honda Freed bermesin 1.0L Turbo diharapkan hadir dengan sejumlah penyegaran, termasuk desain instrumen baru, infotainment berbasis layar sentuh, dan fitur HondaConnect.

Pasar Freed kecil

Berbicara soal pasar Honda Freed, Jonfis mengungkap bahwa MPV kotak berpintu geser itu tak sebesar dua model andalannya, yakni Mobilio dan BR-V.

"Market-nya sudah bicara. Ketika ditanya ke konsumen pilih Mobilio apa Freed, 87 persen mobilio. Kemudian ketika ditanya BR-V atau Freed, 97 persen BR-V. Yang mau beli Freed ada, cuma masih 500 unit sebulan," Jonfis memaparkan.

Di Indonesia, Honda Freed dipasarkan dalam tiga tipe, A, S, dan E. Data Gaikindo,  wholesale mobil itu mencapai 415 unit sepanjang Januari-Februari 2016. Sementara tahun lalu, Freed terjual 3.288 unit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini