Sukses

Toyota Buat Pabrik Baru di Malaysia

Toyota Motor akan membangun pabrik baru di Malaysia untuk meningkatkan kapasitas produksi untuk pasar regional.

Liputan6.com, Nagoya - Toyota Motor akan membangun pabrik baru di Malaysia. Dengan pabrik baru ini, Toyota berharap dapat menjaga stok untuk pasar regional, serta meningkatkan efisiensi rantai produksi.

Dilaporkan Asia Nikkei, fasilitas baru ini akan dibangun oleh UMW Toyota Motor, perusahaan patungan antara Toyota dan Malaysia UMW Holdings. Perkiraan biaya yang dibutuhkan sekira 30 miliar yen.

Pembangunan pabrik dijadwalkan akan selesai pada awal 2018. Kapasitas produksi ditargetkan mencapai 50 ribu unit per tahun. Pabrik ini nantinya akan fokus dalam pengembangan fasilitas manufaktur yang murah.

Di dua pabrik yang sudah ada, Toyota mampu membangun 80 ribu kendaraan per tahun, termasuk sedan Vios pikap Hilux. Dengan pabrik baru, diprediksi kapasitas produksi Toyota dalam jangka pendek bisa naik hingga 100 ribu.

Menurut sumber yang sama, efisiensi menjadi salah satu masalah Toyota Malaysia, sehingga punya pabrik baru yang fokus pada perakitan mobil jenis tertentu menjadi solusi. Dikatakan, pabrik ini akan memproduksi mobil kecil.

Untuk diketahui, rencana pembangunan pabrik di Negeri Jiran itu sudah bergulir pada 2013 lalu. Tapi kemudian batal karena pendapatan mereka memburuk.

Sepanjang tahun lalu, penjualan mobil Toyota di Malaysia mencapai angka 660 ribu unit. Ini membuat Malaysia berada di posisi ketiga di bawah Indonesia dan Thailand. Diprediksi tahun ini angka tersebut akan bertambah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini