Sukses

Mazda MX-5 Paling Aman Bagi Pejalan Kaki

Sportcar Mazda MX-5 berhasil memperoleh hasil tertinggi untuk perlindungan terhadap pejalan kaki dibanding semua mobil yang pernah diuji tab

Liputan6.com, Sydney - Sportcar Mazda MX-5 berhasil memperoleh hasil tertinggi untuk perlindungan terhadap pejalan kaki dibanding semua mobil yang pernah diuji tabrak. Hasil ini disimpulkan oleh Australasian New Car Assessment Program.

Melansir news.com.au, mobil sport dua pintu terlaris di dunia itu memperoleh angka sebesar 33,72 dari maksimal 36 poin untuk perlindungan pejalan kaki. Pesaing terdekatnya adalah Volvo V40 yang punya fitur airbag pejalan kaki.

Ada beberapa sebab mengapa mobil `Jepangan` ini mendapat hasil tertinggi. Salah satunya adalah karena adanya `strut` khusus yang mengangkat kap hanya dalam waktu sepersekian detik, jika bumper menyentuh pejalan kaki.

Mekanisme ini membuat tingkat bahaya berkurang drastis saat terjadi momen kecelakaan bagi pejalan kaki.

Hasil ini cukup mengejutkan banyak pihak. Pasalnya, umumnya sulit bagi sportcar mendapat hasil baik, terutama yang beratap terbuka karena desainnya dianggap tidak sekuat mobil biasa/tertutup dalam melindungi penumpang.

Kepala ANCAP, James Goodwin, mengatakan bahwa Mazda MX-5 memberikan tantangan tersendiri bagi pabrikan lain untuk membuat rancang bangun kendaraan yang lebih baik. "Roadster ini memberikan tantangan bagi pabrikan lain untuk membuat perlindungan yang sama pada mobil konvensional," ujar Godwin.

Di akhir uji tabrak, Mazda MX-5 mencetak lima bintang secara keseluruhan. Ini adalah kemajuan. Sebab pada versi sebelumnya, MX-5 hanya dinilai empat bintang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.