Sukses

Soal Lingkungan Hidup, Subaru Jagonya

Produsen mobil Subaru dianggap sebagai perusahaan yang paling memperhatikan kelestarian lingkungan.

Liputan6.com, Tokyo - Fuji Heavy Industries (FHI) mendapat penghargaan dari Development Bank of Japan (DBJ). Perusahaan pembuat mobil Subaru ini dinilai paling baik dalam hal menjaga kelestarian lingkungan.

Melansir automotiveworld.com, penghargaan yang dinamakan DBJ Environmental Ranking ini diperebutkan oleh perusahaan otomotif Jepang lain. Menariknya, FHI sendiri baru pertama kali dinilai oleh DBJ, sejak penilaian ini digelar mulai 2004 silam.

Ada tiga hal yang dinilai oleh DBJ, di mana setelah diperingkatkan, FHI lah yang mendapat nilai paling besar.

Pertama, FHI dinilai sebagai perusahaan otomotif yang paling gigih mendorong kelestarian lingkungan di seluruh rantai nilai mereka, dari hulu sampai hilir. Mereka, misalnya, mendorong dealernya di seantero Jepang untuk mendapat sertifikat manajemen lingkungan dari otoritas terkait.

Kedua, FHI dianggap perusahaan yang juga memperhatikan unsur sosial dalam berbisnis. Misalnya, mereka sudah mulai memetakan pemasok mana saja yang memperhatikan Hak Asasi Manusia (HAM) dan tidak melanggar hak-hak buruh.

Terakhir, FHI dinilai terus berupaya mengurangi konsumsi bahan bakar, emisi gas buang, serta terus mengembangkan teknologi keselamatan berkendara.

Menanggapi penghargaan ini, FHI menilai bahwa pada dasarnya menjaga kelestarian lingkungan memang merupakan salah satu fokus isu mereka dalam rangka Corporate Social Responsibility (CSR).

"Kami akan terus membantu meningkatkan masyarakat dan lingkungan, serta terlibat dalam kegiatan CSR yang ditujukan untuk menciptakan masyarakat yang berkelanjutan," terang Subaru dalam keterangan resminya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.