Sukses

Modifikasi Nissan Navara untuk Jalur Ekstrem

Nissan memperkenalkan Navara khusus yang dirancang sebagai kendaraan penyelamat dalam kondisi yang ekstrem

Liputan6.com, Hannover - Nissan memperkenalkan mobil baru bernama Navara EnGuard Concept, di ajang otomotif IAA Commercial Vehicle Show 2016 di Hannover, Jerman. Sebagaimana namanya, mobil ini basisnya adalah Navara, lebih spesifik varian Double Cab Tekna dengan spesifikasi Inggris.

Nissan, sebagaimana dikutip dari carscoops.com, Kamis (22/9/2016) menyebut bahwa pikap ini dirancang sebagai kendaraan penyelamat dalam kondisi yang ekstrem, misalnya ketika terjadi bencana alam.

"Nissan Navara didesain untuk beroperasi sebagai platform penyelamat dalam beberapa lingkungan yang paling ekstrem dan keras di dunia," ujar mereka.

Untuk menunjang visi ini, sejumlah ubahan dilakukan. Misalnya, Navara EnGuard lebih tinggi 50 milimeter dibanding yang standar. Ada pula lampu strobo biru, lampu kabut dengan desain baru, dan corak hijau menyala di beberapa bagian.

Kombinasi warna ini, terutama yang hijau, adalah warna yang paling mudah diidentifikasi bahkan oleh mereka yang buta warna sekalipun. Warna hijau juga paling terlihat di siang hari.

Kemudian, Navara EnGuard Concept ini juga dilengkapi dengan sejumlah perangkat keselamatan lain. Beberapa di antaranya adalah radio dua arah, tali dan kapak, tangki oksigen, resusitasi kit, jaket, dan alat bantu apung.

Yang lebih menarik, pikap andalan Nissan ini juga dilengkapi dengan drone DJI Phantom 4, yang bisa beroperasi di 6.000 meter dari atas tanah serta memiliki kecepatan 20 meter per detik. Drone ini mampu mengirimkan video langsung ke mobil sehingga pengendaranya bisa dengan mudah melihat ke seluruh tempat.

Terakhir, pikap ini juga dilengkapi dengan baterai portable yang masih berstatus prototipe. Baterai ini dalam waktu darurat bisa menggantikan kerja mesin, yaitu menggerakkan kendaraan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.