Sukses

Top 5 Otomotif: Plat Mobil "370H55A" Bikin Penasaran

Sebuah artikel yang membahas soal plat nomor unik di Oklahoma, Amerika Serikat (AS) sukses menjadi sorotan pembaca setia Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah artikel yang membahas soal plat nomor unik di Oklahoma, Amerika Serikat (AS) sukses menjadi sorotan pembaca setia Liputan6.com.

Di samping itu, sedan buatan Indonesia yang laris manis di Thailand hingga aksi Fast and Furious ala China tak luput dari perhatian.

Untuk lebih jelasnya, berikut top 5 artikel otomotif.liputan6.com pada Selasa 14 April:

1. Plat Mobil Bertuliskan "370H55A", Apa Maksudnya? 

Memiliki plat mobil unik adalah hak semua orang, asalkan ia memiliki uang untuk membuatnya. Plat mobil khusus seringkali digunakan untuk mengekspresikan gagasan tertentu pemiliknya.

Misalnya seperti apa yang dilakukan oleh seorang pria asal Oklahoma, AS, beberapa waktu yang lalu. Dengan plat mobil bertuliskan "LGBTALY", dirinya menyatakan mendukung hak-hak kaum LGBT (lesbian, gay, biseksual, dan transgender).

Kali ini, seorang pria juga melakukan hal serupa. Pria bernama Aman Hassan asal Texas, AS, membuat plat mobil khusus yang nyeleneh. Hassan membuat plat dengan tulisan dengan "370H55A" untuk mobilnya, Lamborghini Aventador.

2. Sedan Indonesia Kalah Jauh dari Thailand

Menurut data dari Asean Automotive Federation, di 2014 total penjualan mobil di ASEAN mengalami penurunan sebesar 10 persen. Tahun 2013, penjualan mobil mencapai angka 3.549.506 unit, sedangkan di 2014 turun menjadi 3.190.208 unit.

Salah satu negara yang mengalami penurunan penjualan paling tinggi adalah Thailand. Total penjualan di negara Gajah Putih tersebut turun 34 persen dibanding 2013.

Tahun lalu, total penjualan mobil hanya mencapai 881.832 unit saja. Padahal, tahun sebelumnya penjualan mencapai 1.330.672 unit. Fakta ini membuat Thailand menjadi negara yang mengalami penurunan penjualan mobil tertinggi di kawasan ASEAN.

3. MPV Indonesia Jadi Jawara di Thailand

Kendaraan berjenis Multi Purpose Vehicle (MPV) buatan Indonesia tak hanya menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Rupanya, MPV asal Indonesia juga sanggup merajai penjualan di negara tetangga.

Sepanjang 2014, penjualan kendaraan keseluruhan di Thailand yang berhasil dihimpun Asean Automotive Federation mencapai 881.832 unit. Melansir laman Thephuketnews, Selasa (14/4/2015), Toyota Avanza dengan angka 4.181 unit atau hanya 0,47 persen dari total penjualan keseluruhan di Thailand.

4. Nenek Ini Gemar Kendarai Porsche 918

Lazimnya, supercar seperti Porsche 918 Spyder banyak dinikmati oleh anak muda atau kalangan pria. Namun demikian, seorang nenek di Florida, AS, nyatanya menikmati masa tua dengan mengendarai supercar tersebut.

Di saat sebagian orang tua masih mengajarkan anaknya menggunakan tablet, nenek ini secara mutakhir mengendarai sendiri mobil canggih seperti Porsche 918 Spyder.

5. Fast and Furious ala China: Lamborghini dan Ferrari Saling Hantam

Aksi adu kecepatan sekaligus tabrakan dengan mobil-mobil wah tak hanya ada dalam sekuel film Fast and Furious 7. Rupanya, aksi serupa juga terjadi di dunia nyata pada Sabtu malam lalu di Beijing.

Seperti diwartakan Rushlane, Selasa (14/4/2015) sebuah Lamborghini Gallardo Superleggera terlibat insiden dengan Ferrari 458 Spyder dalam sebuah terowongan tak jauh dari Beijing National Stadium.

Kabarnya, kedua supercar Italia yang terlibat insiden tersebut berasal dari klub mobil yang sama. Sebelum peristiwa nahas itu terjadi, kedua mobil itu dilaporkan sedang adu balap drag.

(gst/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini