Sukses

Trio Mobil Rp 400 Juta yang Anti Melorot di Tanjakan

Berikut adalah tiga mobil yang dilengkapi dengan fitur Hill Assist Control (HAC), yang mampu mencegah mobil melorot saat start di tanjakan.

Liputan6.com, Jakarta - Macet memang sudah menjadi santapan para pengendara di kota-kota besar. Tapi bila menemui kondisi ini di kontur tanjakan, bisa jadi masalah baru, terlebih bagi mereka yang kurang jam terbang dan menggunakan mobil transmisi manual.

Ya, kurang mahirnya memainkan kaki di pedal kopling, rem, dan gas bisa saja mundur. Bila ini terjadi mobil bisa saja membuat pengemudi belakang menyemprit Anda dengan membunyikan klakson.

Nah, Situasi seperti ini tidak akan terjadi apabila mobil dilengkapi dengan fitur Hill Assist Control (HAC). Pasalnya, HAC berfungsi untuk mencegah mobil melorot saat start di tanjakan. Saat kaki berpindah dari rem ke gas, maka sistem ini otomatis menahan mobil untuk tidak mundur beberapa detik.

Untuk diketahui, cara kerja fitur ini adalah dengan mengandalkan Magnetic Resistance Element (MRE) pada wheel speed sensor. MRE inilah yang bisa mendeteksi roda saat mulai berputar, serta mendeteksi arah putaran roda.

Salah satu pelopor teknologi ini adalah Toyota dengan model 4-Runner-nya di paruh pertama dekade 2000an. Sejak saat itu, fitur ini semakin menjadi standar mobil-mobil baru, bahkan yang harganya relatif tidak terlalu mahal.

Berikut adalah tiga mobil yang dilengkapi dengan fitur Hill Assist Control yang dipasarkan di Indonesia dengan harga sekira Rp 400 jutaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

NExt

Kijang Innova

Sebagai pelopor fitur Hill Assist Control (HSA), Toyota terus menerapkan teknologi ini pada model-model yang diluncurkannya kemudian. Salah satunya adalah all new Kijang Innova yang debut di pasar dalam negeri pada akhir tahun lalu.

MPV tujuh penumpang ini hadir dengan tiga tipe utama, yaitu G, V, dan Q. Adapun tipe yang menggendong fitur HSA adalah tipe Q, yang juga merupakan tipe paling tinggi dengan fitur keamanan dan keselamatan yang juga paling lengkap.

Selain HSA, mobil ini juga dilengkapi dengan fitur Vehicle Stability Control (VSC) yang mampu meminimalisir gejala understeer ataupun oversteer.

Untuk jantung mekanisnya, all new Kijang Innova Q punya mesin Diesel 2GD FTV, 4 silinder, inline, 16 valve, DOHC dengan Intercooler yang semburkan tenaga 146 Tk. Dua opsi transmisi diberikan: otomatis 6 percepatan dan manual 5 percepatan.

Menurut laman resminya, all new Kijang Innova Q dibanderol dengan rentang harga antara Rp 364,7 juta (M/T bensin) hingga Rp 423,8 juta (A/T Diesel). 

3 dari 4 halaman

Next

Honda CR-V

Salah satu mobil andalan PT Honda Prospect Motor (HPM) yang dibekali fitur Hill Assist Control adalah Honda CR-V facelift yang dirilis Januari tahun lalu. Fitur HCA pada model ini mampu menahan rem tetap aktif selama 2 detik.

Selain HCA, beberapa fitur keselamatan lain juga tersemat pada model ini. Beberapa di antaranya adalah rem ABS, 6 airbag, jok Isofix, dan cruise control. Total, ada 14 fitur keselamatan yang hadir di model ini.

Pada uji keselamatan yang dilakukan di Amerika Serikat (AS) oleh National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) Honda CR-V versi facelift menyabet peringkat tertinggi, dengan nilai terbaik di sesi uji tabrakan depan dan samping.

Tak heran jika model ini banyak meraih penghargaan baik di dalam dan di luar negeri. Salah satunya adalah Customer's Choice - Indonesia Middle-Class Brand Champion 2015 yang diberikan oleh majalah SWA.

Menurut laman resmi Honda Indonesia, model yang tersedia dengan lima varian mesin ini dibanderol dengah harga antara Rp 400 juta (2.0 i-VTEC/MT) hingga Rp Rp 487,5 juta ( 2.4L Prestige A/T Special Edition Fender Audio).

4 dari 4 halaman

Next

Ford EcoSport

Ford EcoSport hadir di Tanah Air dengan fitur-fitur high-end yang sama seperti yang dijual di Eropa, salah satunya adalah Hill Assist Control, yang mampu mencegah mobil ini `melorot` saat mulai digas di tanjakan.

Jika sebelumnya Honda CR-V mampu menahan mobil selama dua detik, maka fitur HAC pada mini SUV ini lebih panjang lagi, yaitu sekira 3 detik. Selain itu, beberapa fitur lain yang disematkan adalah Elcetronic Stability Program (ESP) dan Traction Control.

Instalasi fitur HAC sebetulnya telah ada di EcoSport generasi kedua. Bahkan, saat itu EcoSport dilengkapi dengan transmisi otomatis 6-percepatan dual clutch powershift yang biasanya hanya ditemukan di mobil-mobil balap dan premium.

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), mobil yang masih diimpor secara CBU dari Thailand ini terjual sebanyak 2.698 unit antara Januari hingga Oktober tahun lalu.

Menurut laman resmi Ford Indonesia, EcoSport dibanderol dengan harga antara Rp 234,5 juta (1,5 liter M/T-Ambiente) hingga Rp 287,5 juta (1,5 liter A/T-Titanium). Semuanya harga on the road (OTR) Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini