Sukses

Komunitas Yamaha NMax Terus Bertambah

Banyaknya kuli tinta yang menjadi rider NMax mendorong terbentuknya Journalist NMax Community (JNC).

Liputan6.com, Garut - Virus Yamaha NMax menjalar hingga kalangan jurnalis. Skutik bongsor ini menjadi kendaraan andalan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Banyaknya kuli tinta yang menjadi rider NMax mendorong terbentuknya Journalist NMax Community (JNC). Pendeklarasian JNC berlangsung di Kota Garut dan disaksikan Asisten GM Marketing Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Mohammad Masykur dan Ketua Umum Jakarta Max Owners (JMO) sekaligus Koordinator Nasional Indonesia Max Owners (IMO) Acho Patauri.

Dalam sambutannya Masykur mengatakan, JNC merupakan komunitas unik karena diisi oleh para rider yang berprofesi sebagai jurnalis. Dirinya berharap dengan kapasitas, kemampuan dan sumber daya yang dimiliki, JNC bisa menjadi virus positif bagi komunitas-komunitas motor lain.

"Komunitas ini juga bisa menjadi pernyataan terbuka untuk masyarakat, kalau komunitas pemotor itu tidak selamanya negatif. Komunitas motor banyak yang positif, seperti JNC ini," ujarnya.

Sementara itu, Acho Patauri melihat berdirinya JNC merupakan suatu hal yang langka karena biasanya jurnalis berperan sebagai pemerhati.

"Saya belum pernah dengar ada komunitas motor yang khusus diisi oleh jurnalis dari banyak media tingkat nasional. JNC ini mungkin yang pertama," ujar Acho yang juga merupakan dewan pengawas Yamaha Riders Federation Indonesia.

Lebih lanjut ia menyebutkan, saat ini ada 30 klub NMax se-Indonesia yang berada di bawah payung IMO. Jumlahnya mencapai 4000an member.

Zainal Abidin yang terpilih sebagai Sekretaris Jenderal JNC pertama menyebutkan jika komunitas ini dibangun atas dasar kesamaan semangat pada dunia otomotif tanpa perbedaan.

"Implementasinya bisa dilihat dari nama jabatan pemimpin JNC. Kami tidak memilih presiden atau ketua, cukup sekjen. Itu karena kami memandang semua anggota setara," lugas pria yang akrab disapa Zie ini.

Touring Perdana JNC

Untuk merealisasikan terbentuknya JNC, belasan jurnalis pembesut Yamaha NMax melakukan touring perdana dengan rute Jakarta-Garut-Jakarta pada 25-27 Maret 2016 yang jarak tempuhnya mencapai 500 km.

Garut dipilih karena memiliki trek yang beragam mulai dari jalan beraspal mulus, bebatuan, bahkan jalur tanjakan dan turunan ekstrim seperti saat menuju wisata air panas Darajat Pass.

Anggota JNC yang ikut di touring perdana ini juga menikmati keindahan panorama alam Kota yang dijuluki Swiss van Java dan menikmati wisata air panas di Darajat Pass. Suasana guyub dan hangat diselingi canda tawa mewarnai perjalanan ini.

"JNC ingin menjadi sebuah komunitas yang fleksibel dan menyenangkan bagi semua. Semoga kehadiran JNC bisa bermanfaat," pungkas Zie seraya mengajak semua jurnalis pengguna Yamaha NMAX untuk bergabung dengan JNC.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.