Sukses

Peugeot dan Citroen Bikin Mobil Baru Berbasis Toyota Hilux

Peugeot dan Citroen berencana akan menggunakan all new Toyota Hilux sebagai basis kendaraan baru.

Liputan6.com, Paris - Peugeot dan Citroen, dua perusahaan otomotif yang tergabung dalam induk PSA Groupe, berencana akan menggunakan all new Toyota Hilux Hilux sebagai basis kendaraan baru.

Hal ini diketahui melalui kicauan Twitter Parkers, situs jual beli mobil asal Inggris. "Seorang bos PSA mengatakan kepada kami bahwa pikap baru dibangun berbasis Toyota Hilux," kicau mereka, diakses Senin (2/5/2016).

Tidak ada keterangan tambahan terkait hal ini. Akun yang punya pengikut 4.800an ini hanya mengatakan akan ada informasi lanjutan.

Sebelumnya, PSA telah mengumumkan program pengembangan `Push to Pass`. Program ini menargetkan 26 model penumpang dan 8 mobil komersil baru hingga 2021.

Sebetulnya, menggunakan platform mobil lain untuk mengembangkan kendaraan baru lazim dilakukan pabrikan otomotif, meski berbeda perusahaan. Ini dilakukan untuk meminimalisir biaya riset dan pengembangan.

Menurut laman Motoring, selain Toyota, PSA juga telah bernegosiasi dengan Mitsubishi. Yang jelas, PSA tidak mungkin bermitra dengan Nissan karena Navara telah dipesan Mercedes-Benz, juga untuk basis pikap baru.

Untuk diketahui, Hilux pertama kali diproduksi pada 1969. Mobil ini telah memasuki generasi ke delapan. Pada generasi terbaru, Toyota Hilux dilengkapi dengan dua varian mesin bensin, dan empat varian mesin Diesel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini