Sukses

Mudik Pakai Motor, Jangan Lupa Cek Suspensi

Jangan lupa cek suspensi sepeda motor Anda sebelum mudik. Pastikan pakai yang standar, dan tak ada rembesan oli.

Liputan6.com, Jakarta - Seluruh komponen sepeda motor harus diperhatikan, jika Anda memutuskan mudik menggunakan moda transportasi ini. Tak terkecuali bagian suspensi. Dalam hal ini, apa saja yang harus diperhatikan?

Yusuf, pemilik bengkel Shock Motor Semarang (SMS) yang ada di Jalan Raya Bogor Km 27, Jakarta Timur, mengatakan yang paling penting adalah memastikan suspensi motor dalam keadaan standar, sebagaimana bawaan pabrik.

"Yang paling pas untuk mudik itu ya suspensi standar. Biasanya kan ada yang dipendekkan, ditinggikan. Kalau untuk perjalanan jauh, itu tidak akan kuat," ujar Yusuf, kepada Liputan6.com, Selasa (28/6/2016).

Suspensi berkarakter keras memang membuat kendaraan lebih stabil dalam kecepatan tinggi dan jalanan yang bagus, tapi kurang nyaman saat melintasi jalanan rusak. Sebaliknya, suspensi lembut lebih nyaman saat jalan rusak, tapi tak begitu stabil jika diajak ngebut. Nah, karakter suspensi standar ada di tengah-tengah.

Selain pakai standar, Yusuf juga menyarankan sebaiknya pengguna motor mengganti oli suspensi terlebih dulu. Tujuannya, agar kinerja suspensi tetap maksimal.

Perhatikan pula, apakah ada rembesan oli pada suspensi atau tidak. "Coba dicek. Sebab kalau dibiarkan as suspensinya bisa kena," terangnya.

Adapun rembesan oli biasanya keluar dari celah karet seal yang telah mengeras dan melar. Untuk motor baru, karet seal biasanya akan mengeras dalam dua tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.