Sukses

Cari yang Terbaik, Begini Tahapan Honda Seleksi Mekaniknya

Kegiatan bertema Satu Hati Raih Prestasi bertujuan mengukur kemampuan mekanik dan service advisor dalam memberikan layanan purnajual.

Liputan6.com, Jakarta Honda kembali menggelar kompetisi mekanik secara nasional ke-23. Kegiatan bertema Satu Hati Raih Prestasi bertujuan mengukur kemampuan mekanik dan service advisor dalam memberikan layanan purna jual.

Proses seleksi pertama pada tingkat AHASS telah dilakukan sejak Desember 2015 hingga Mei 2016. Materi uji pada tahapan seleksi ini terdiri atas uji pengetahuan mesin, rangka, kelistrikan, sistem PGM-FI, tools, dan teknologi Honda.

"Untuk menjaga itu (kompetensi), kami buat uji kompetensi ke AHASS. Semua SDM AHASS kami uji, karena teknologi Honda berkembang terus, dan sampai ke bawah seluruh mekanik harus tahu," ucap Handy Hariko, Senior Manager PT Astra Honda Motor, Kamis (25/8).

Salah satu kategori baru yang ikut diperlombakan dalam kontes kali ini adalah mekanik untuk pre-delivery inspection. Handy mengatakan kategori ini penting untuk memastikan kualitas motor sebelum tiba ke tangan konsumen.

Pada kategori ini, mekanik yang bertugas sebagai PDI mengerjakan materi teknik pemeriksaan, perawatan, dan perbaikan sepeda motor. Adapun untuk service advisor diuji perihal praktik pemeriksaan sepeda motor, product knowledge, dan customer handling.

"Satu persyaratan ikut kontes ini yang tingkat nasional, lulus level 2 di training kami. Kami itu menjaga kualitas mekanik, perbedaan dengan sebelumnya dalam dua tahun terakhir, yaitu kalau dulu seleksi (AHASS) langsung ketemu nasional," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini