Sukses

Mesin Makin Kuat, BMW M5 Akan Dilengkapi dengan Penggerak AWD

BMW M5 nenerasi baru akan dilengkapi dengan sistem penggerak semua roda alias all wheel drive (AWD).

Liputan6.com, Melbourne - BMW M5 generasi baru akan dilengkapi dengan sistem penggerak semua roda alias all wheel drive (AWD). Penggerak ini akan menjadi penerus tenaga sebesar 600 Tk dan torsi 700 Nm yang berasal dari mesin V8 turbo.

"Ya, all wheel drive. 20:80 (torsi) split," ujar BMW Munich product expert Sven Arens, di sela peluncuran 5 Series generasi ketujuh di Melbourne, Australia, baru-baru ini, dikutip dari GoAuto, Selasa (25/10/2016).

Jika ini benar-benar terealisasikan, maka ini adalah mobil penumpang M pertama dalam sejarah yang akan dilengkapi dengan sistem AWD. Juga, akan menjadi penanda bahwa mobil-mobil di Seri M lain juga akan mendapat perlakuan yang sama.

Menurutnya, adanya sistem penggerak ini tidak terelakkan karena tenaga yang keluar dari mesin baru semakin besar. Pada versi terkini, sebagaimana dinukil dari laman bmw.co.id, BMW M5 memiliki tenaga 560 Tk dan torsi 680 Nm.

Untuk diketahui, sistem penggerak AWD adalah inovasi terkini dari industri otomotif. Cara kerjanya lebih kompleks dibanding sistem 4 wheel drive (4WD).

Sistem AWD bekerja untuk mendapat daya tarik paling kuat, kemudian membaginya antara poros depan dan samping. Sensor ada di tiap roda untuk memonitor traksi, wheel speed, dan data lainnya. Semua dikontrol melalui komputer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini