Sukses

Begini Cara Panaskan Kawasaki Ninja 2-Tak yang Benar

Pemilik sepeda motor biasanya memanaskan tunggangannya sebelum beraktivitas

Liputan6.com, Jakarta - Pemilik sepeda motor biasanya memanaskan tunggangannya sebelum beraktivitas, termasuk pemilik Kawasaki Ninja 2-tak. Sayangnya, tidak semua memanaskannya dengan benar.

Kesalahan yang biasanya dilakukan pemilik Kawasaki Ninja 2-tak adalah hanya memanaskan motor. Padahal, itu dinilai tidak cukup. Memanaskan motor Ninja yang benar adalah harus dengan digas, hingga rpm tertentu.

"Panaskan motor Ninja 2-tak yang benar adalah menunggu panas lebih dulu, misalnya 1 menit. Setelah itu langsung digeber hingga rpm mencapai minimal 7.000," ujar Jaini, salah satu mekanik di workshop Kawasaki di Mampang, Jakarta, Senin (14/12/2015).

Fungsinya, jelas pria yang juga disebut dengan Betet ini, adalah untuk membuka Super KIPS. Sebagaimana diketahui, super KIPS baru akan terbuka pada saat putaran mesin tinggi, tepatnya saat mencapai 7.000 rpm.

Pembukaan super KIPS dilakukan agar komponen tersebut tidak kotor. Sebagaimana diketahui, KIPS adalah mekanisme klep yang mengontrol gas buang pada exhaust port, yang membuat proses pembakaran menjadi lebih sempurna dan tenaga yang dikeluarkannya pun lebih maksimal.

Akibat jangka panjang komponen super KIPS yang kotor dapat menurunkan performa mesin. Ninja 2-tak akan semakin loyo atau tidak bertenaga.

Super KIPS, bersama HSAS (High-Performance Secondary Air System), membuat Ninja 2-tak mampu melaju hingga kecepatan maksimal 170 hingga 190 km/jam. Ini membuatnya sulit ditandingi jika bukan oleh motor dengan kapasitas mesin 250 cc ke atas.

Selain itu, teknologi Super KIPS dan HSAS juga membuat motor ini dapat meminimalisir gas buang serta menghasilkan tenaga yang lebih stabil baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.