Sukses

Peretas iPhone Klaim Bisa Buat Mobil Otonomos dalam Satu Bulan

Seorang pemuda mengklaim mampu menciptakan mobil tanpa pengemudi atau otonomos hanya dalam waktu satu bulan.

Liputan6.com, California - Seorang pemuda mengklaim mampu menciptakan mobil tanpa pengemudi atau otonomos hanya dalam waktu satu bulan. Pemuda itu adalah George Hotz, 26 tahun. Ia adalah orang pertama yang berhasil meretas iPhone, 2007 lalu.

Melansir Dailymail, pria asal New Jersey, Amerika Serikat (AS) ini mengklaim teknologi yang dibuatnya lebih unggul dibanding sistem Mobileye yang digunakan pada mobil semi otonomos Tesla Model S.

Kepada Bloomberg Businessweek, Hotz mengatakan bahwa mobil otonomos buatannya adalah sebuah Acura ILX dengan beberapa teknologi tambahan, di antaranya adalah kamera, radar berbasis laser (LIDAR), komputer dan kontrol joystick.

Ia mengatakan, dalam waktu dekat ini akan merilis video ke Youtube perihal kendaraannya itu. Dalam video itu, ia akan menunjukkan bagaimana Tesla Model S dapat dikalahkan dengan mobil buatannya.

Tesla tahu betul langkah pemuda ini. Elon Musk, sang CEO, mengatakan bahwa klaim Hotz tidak berdasar dan liar. Ia juga mengatakan bahwa tidak mungkin mobil otonomos dibuat hanya oleh satu orang, dan dalam waktu sangat singkat.

Meski begitu, Musk nampaknya tertarik dengan kecerdasan pemuda ini. Pabrikan yang berbasis di California ini secara resmi meminang Hotz untuk bergabung dalam perusahaan. Tapi, Hotz menolak.

"Saya menghargai tawaran itu, tapi seperti yang sudah saya katakan, saya tidak mencari pekerjaan. Saya akan memberi tahu Anda bahwa saya akan menghancurkan Mobileye," ujar Hotz.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.