Sukses

Gempa Jepang, Toyota Hentikan Produksi untuk Sementara Waktu

Toyota Motor Corp mengumumkan fasilitas produksinya terganggu akibat gempa Jepang.

Liputan6.com, Jakarta - Toyota Motor Corp mengumumkan produksi mobil terganggu akibat gempa Jepang. Gempa yang terjadi pada Kamis dan Sabtu itu menewaskan sekitar 41 orang.

Dilansir dari Reuters, Toyota melalui pernyataannya akan menghentikan sementara fasilitas produksi mobil di Jepang selama sepekan mulai Senin (18/4). Ini karen pasokan komponen terganggu, termasuk yang terafiliasi dengan Aisin Seiki.

Aisin Seiki, yang pabriknya berlokasi di Kumamoto mengalami kerusakan akibat gempa tersebut. Dikatakan mereka akan menggunakan fasilitas lain untuk memproduksi komponen, termasuk sun roof, gagang pintu, serta semikonduktor.

"Jika ada komponen yang kami produksi di Kumamoto sama yang diproduksi di markas Aisin di Aichi, kami akan memindahkan produksinya ke sana," kata juru bicara Aisin.

Ini merupakan penghentian operasional pabrik yang kedua tahun ini. Pada Februari, produksi mobil Toyota terganggu setelah ledakan yang terjadi pada perusahaan pemasok baja mereka, Aichi Steel Corp.

Sementara itu, produksi global Toyota turun sebesar 4 persen pada dua bulan awal tahun ini dibandingkan dengan 2015.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini