Sukses

Biar Maksimal, Servis Rem Yamaha V-Ixion Sebelum Touring

Berapa biaya yang dibutukan untuk servis rem sepeda motor Yamaha V-Ixion?

Liputan6.com, Depok - Sepeda motor V-Ixion adalah salah satu motor sport yang disukai masyarakat. Terbukti dengan banyaknya penjualan sepeda motor ini. Agar kinerjanya tetap terjaga, maka servis rutin wajib dilakukan.

Selain servis rutin mesin, salah satu komponen lain yang juga harus dirawat adalah komponen rem. Ini wajib, sebab rem adalah fitur keselamatan terpenting sebuah sepeda motor. Tanpa rem yang baik, nyawa bikers taruhannya.

Lantas, berapa biaya yang dibutuhkan untuk memperbaiki rem? Di bengkel Banewmas Depok, Jawa Barat, biaya yang harus dikeluarkan mulai dari Rp 80 ribu.

"Kalau servis rem. Biaya jasanya Rp 15 ribu. Minyak rem harganya Rp 10 ribu. Lalu kampas rem antara Rp 55 ribu sampai Tp 60 ribu. Ini semua suku cadang asli," ujar Zainul Furqon, sang pemilik bengkel kepada Liputan6.com.

Untuk melakukan perawatan ini, waktu yang dibutuhkan tidak lama. "Kurang lebih 15 menitan. Itu kalau langsung dikerjakan," tambah pria yang akrab disapa Inul.

Selain servis rem ringan, di bengkel ini juga melayani full check up rem. Dengan servis ini, mekanik juga melakukan pembersihan di komponen penting.

"Kalau full check up, jasanya saya kenakan Rp 50 ribu. Itu sudah termasuk bersihkan master rem. Di sana kan ada penumpukan kotoran. Minyak rem sama kampas harganya sama. Tinggal tambahkan saja," jelas Inul.

Inul menambahkan, sesekali servis jenis ini harus dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Menurutnya, jika kotoran semakin menumpuk, terkadang rem tidak mau balik. "Banyak kasus seperti itu," tutup Inul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini