Sukses

Membedah Fitur Pendongkrak Performa Diesel All New Pajero Sport

.All new Pajero Sport tipe Dakar telah mengadopsi Diesel 2,4 liter 4N15 MIVEC yang dikawinkan transmisi otomatis 8 percepatan

Liputan6.com, Denpasar - All new Mitsubishi Pajero Sport tipe Dakar telah mengadopsi Diesel 2,4 liter 4N15 MIVEC yang merupakan mesin generasi terbaru. Untuk menunjang performnya, mesin dikawinkan transmisi otomatis 8 percepatan dan fitur super select 4WD with offroad model (dial type).

Rifat Sungkar, pereli nasional yang juga duta produk all new Pajero Sport mengklaim, tendangan mesin baru ini jauh lebih bertenaga. "Super radical a good change di mobil ini," katanya.

Menurut dia, hal yang membuat Diesel baru unggul adalah materialnya yang secara komposit bahan lebih ringan sekira 20 kg. "Karena bloknya aluminium, mesinnya secara otomatis akan lebih dingin. Karena aluminium tidak mentrasfer panas seperti besi," Rifat menjelaskan.

Diesel 2,4 liter 4N15 menganut teknologi MIVEC dan Variable-geometry turbochargers (VGT) untuk mendongkrak tenaga. "Dari sisi teknologi bisa dibilang ini advance teknologinya Diesel yang sudah jadi standar mobil Eropa. Surprisingly, 181 horse power-nya tidak se-kick Pajero Sport Dakar. Di mana dulu kalau masuk turbo kepala kita ke belakang, kalo ini nggak," tutur Rifat.

Pengaplikasian VGT pada Diesel all new Pajero Sport secara signifikan bisa menghilangkan turbo lag. "Mesin ditembakin bensin supaya turbonya muter terus, jadi ketika digas pada rpm berapapun langsung jalan," imbuh dia.

Dia mencontohkan, bila turbo konvensional berfungsi pada 3.000 rpm, VGT justru membuat turbonya langsung berfungsi. "Ketika turbonya belum berfungsi pada 3.000 rpm, dia secara geometris dan hidrolik, valve derajat turbonya berubah jadi lebih responsif,"

"(Gampangnya) turbo sama kayak air terjun yang memutar kincir. Ketika air turun dari sudut lurus dan miring pasti membuat putaran  kincir berbeda. VGT kurang lebih begitu, angin yang masuk itu diarahkan  sesuai dengan kebutuhan kita di rpm berapa,"  tuntas dia.

Di samping itu, penerapan close rasio pada transmisi all new Pajero Sport juga membuat tenaga terus terisi ketika perpindahan gigi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.