Sukses

Mesin Ford EcoBoost Kembali Sabet Penghargaan

Mesin EcoBoost 1,0 liter milik Ford Motor Company terpilih sebagai mesin terbaik di kelasnya oleh International Engine of the Year Awards.

Liputan6.com, Stuttgart - Mesin EcoBoost 1,0 liter milik Ford Motor Company terpilih sebagai mesin terbaik di kelasnya oleh International Engine of the Year Awards. Ini adalah penghargaan yang mereka peroleh berturut-turut sejak 2012.

Seperti dilansir dari ETAuto, Jumat (3/6/2016), mesin ini mampu membuat mobil melaju hingga 18,9 kilometer hanya dengan satu liter bahan bakar. Sementara emisi karbon dioksida yang keluar per kilometer adalah 126 gram.

Mesin EcoBoost tiga silinder ini dipilih jadi yang terbaik oleh 65 juri yang juga merupakan wartawan otomotif dari 31 negara. EcoBoost berhasil mengalahkan 32 mesin pesaing, lebih banyak 19 mesin dibanding pada 2012.

"EcoBoost 1.0 liter adalah game-changer, dan meskipun orang lain mengikuti kepemimpinan kami, tapi kami adalah patokan uanh tak terbantahkan di kelasnya dalam lima tahun," ujar Trevor Worthington, Vice President, Product Development, Ford Asia Pacific.

Worthington menambahkan, kemenangan ini adalah bukti suksesnya downsizing. Downsizing adalah pengecilan kapasitas mesin tanpa mengorbankan tenaga yang dihasilkan. Mesin tetap punya tenaga besar meski berukuran kecil.

Untuk diketahui, mesin EcoBoost ada di 72 negara. Di kawasan Asia Pasifik seperti Indonesia, mesin ini tersedia pada model-model seperti Ford Fiesta, Ford EcoSport dan Ford Focus.

Total ada 20 model yang dilengkapi dengan mesin EcoBoost di Asia Pasifik. Sementara secara global, mesin EcoBoost juga terdiri dari kapasitas 1,5 liter, 1,6 liter, 2,0 liter dan 2,3 liter. Ada pula EcoBoost V6 berkapasitas 2,7 liter dan 3 ,5 liter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.